Berita

Dandepohar 60 : Rasulullah Pemimpin Sekaligus Teladan Umat Islam Sepanjang Masa

Oleh 13 Nov 2019 November 14th, 2019 Tidak ada komentar
Dandepohar 60 : Rasulullah Pemimpin Sekaligus Teladan Umat Islam Sepanjang Masa
#TNIAU 

TNIAU.  Dalam memaknai Maulid nabi, yang terpenting bukan perayaannya, namun pencerahan moral dan spiritual Rasulullah sebagai pemimpin sekaligus teladan dan pendidik karakter umat Islam sepanjang masa.

Hal tersebut disampaikan Komandan Depohar 60 Kolonel Tek Wahyu Laksito, dalam sambutannya pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW., tahun 1441H/2019 M di Masjid Al Ukhuwwah, Lanud Iswahyudi, Madiun. baru-baru ini.

Lebih lanjuta Dandepohaar 60 menyampaikan, memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW., menuntut kita mampu melakukan perubahan menuju peningkatan kualitas iman dan taqwa yaitu ketaqwaan personal sekaligus ketaqwaan sosial dan kultural, juga dapatdijadikan sebagai inspirasi menuju spiritualisasi diri sekaligus transformasi nilai menjadi integritas pribadi muslim yang berkarakter pejuang, ikhlas, jujur dan tangguh.

Sementara Penceramah Bapak KH Sunartib Padlan, S.H.I., M.SY., Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Almutawakkil, Ponorogo.

Disampaikan KH Sunartib Padlan, dalam menyambut maulid Nabi Muhammad. bahwa Islam dikenal sebagai agama yang sangat humanis. Dimana konsep tauhid, sebagai dimensi ideal transendental dalam ajaran Islam, tidak boleh dipisahkan dari kehidupan sosialnya.

“Sebagai salah satu bentuk pengamalan sosial, Islam mengajarkan umatnya agar bersikap lemah lembut dalam berdakwah atau mengajak kebaikan. Rasulullah SAW dikenal dengan kelemahlembutannya dalam mengemban risalah Islam. Karena sikap lemah lembut beliau itu pula Islam memiliki daya tarik sangat kuat,” tambah KH Sunartib Padlan.

KH Sunartib Padlan,  mengatakan sikap lemah lembut Nabi Muhammad adalah bagian dari rahmat Allah SWT yang merupakan sifat yang ditanamkan Allah SWT ke dalam jiwa Rasulullah terkait dengan fungsinya sebagai “uswatun hasanah” atau suri tauladan.

“Bukan hanya ‘uswah’ tetapi wajib kita gandengkan dengan ‘hasanah” menjadi satu tarikan nafas. Rasulullah SAW adalah teladan terbaik bagi seluruh makhluk,” tandas KH Sunartib Padlan,.

Menurutnya, sifat lemah lembut Rasulullah hendaknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Islam, terutama para dai (pendakwah) yang merupakan pelanjut risalah dakwah. “Oleh karena itu, pada zaman yang serba maju ini, kita wajib meneladani Rasulullah dengan menjadi pelaku dan penebar Islam yang ramah, bukan marah-marah,” jelasnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Diselenggarakan di Masjid Al Ukuwwah Lanud Iswahjudi Madiun. Kegiatan diawali dengan sholat Magrib berjamaah, dengan tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1441H/2019 M Kita Implementasikan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Guna Mewujudkan Prajurit dan PNS TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.”

Hadir dalam acara ini Komandan Lanud Iswahjudi, Komandan Wing 3, Dandepohar 20,80 dan seluruh pejabat dan anggota Lanud Iswahjudi, kegiatan diakhiri dengan sholat Isya’ berjamaah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel