Berita

DANKODIKAU : “Berkurban mempunyai makna filosofis”

Dibaca: 156 Oleh 07 Okt 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

“Dalam Islam kurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan, melainkan memiliki makna filosofis yang sangat penting dalam kehidupan baik secara vertikal yang berhubungan dengan Allah SWT maupun secara horizontal yang berhubungan dengan sesama manusia. Apabila kita dapat memahami dan melaksanakan perintah Allah ini, maka insya Allah kita akan sanggup mengorbankan diri kita, hidup kita dan kepentingan kita demi mencapai kebenaran dan ridho Allah SWT, demikian sambutan Komandan Kodikau (Dankodikau) Marsekal Muda TNI M. Nurullah, S.IP pada penyerahan hewan qurban hari raya Idul Adha 1435 Hijriah di halaman Masjid An-Nur Dirgantara I Halim Perdanakusuma, Minggu (5/10).

Lebih lanjut Dankodikau menyatakan penyembelihan hewan korban tidak hanya sekedar melaksanakan rutinitas, akan tetapi sebagai salah satu wahana untuk dapat lebih mendalami, memahami serta menghayati dan selanjutnya mengamalkan makna ibadah bagi kehidupan baik selaku insan hamba Tuhan maupun makluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Banyak sekali hikmah yang terkandung dalam berkurban, apabila kita dapat menghayatinya. Karena itu perayaan Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban dapat dijadikan tonggak untuk menyongsong tugas-tugas Angkatan Udara kedepan yang semakin berat dan kompleks yang memerlukan insan-insan dirgantara yang berkualitas, rela berkorban, bermoral dan tulus dalam melaksanakan tugas. Sejarah Nabi Ibrahim AS mengajarkan bahwa dalam melaksanakan segala sesuatu harus disertai dengan hati yang ikhlas, maka Allah SWT pasti akan memberikan perlindungan dan ridho-Nya.

Baca juga:  Satpomau Lanud Sjamsudin Noor Laksanakan Karya Bhakti di Sepanjang Jalan Hercules dan Monumen Pesawat Mig-17 Lanud SAM

Bintal Dirpers Kodikau menjelaskan pada penyerahan hewan kurban kali ini Dankodikau menyerahkan 1 ekor sapi kepada panitia kurban. Jumlah hewan kurban keseluruhan ada 8 ekor sapi dan 32 ekor kambing untuk selanjutnya diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan tema “Dengan Hikmah Idul Adha Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan”. Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Kodikau Marsekal Pertama TNI A. Adang Supriyadi, S.E., M.M., pejabat dan personel Kodikau serta masyarakat disekitar Masjid An-Nur Dirgantara I Halim Perdanakusuma.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel