Berita

Dankodikau Briefing Penerbang di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 7 Oleh 16 Feb 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus,SE, beserta jajaran pejabat Lanud Adisutjipto Senin, (15/2) menerima kunjungan Komandan Komando Pendidikan Angkatan Udara (Dankodikau) Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto, SE, MM di ruang briefing Wingdikterbang Lanud Adisutjipto.

Dalam kunjungannya, Dankodikau memberikan pembekalan kepada para penerbang mengenai Budaya Safety. Budaya safety ini dapat dibentuk dengan cara melaksanakan koordinasi yang solid dengan satuan kerja yang saling berkaitan, sehingga dapat mengeliminir kemungkinan terburuk yang tidak diharapkan.

Kepada para Instruktur Penerbang dan siswa Sekolah Penerbang di Lanud Adisutjipto, dankodikau memberikan penekanan bahwa seorang penerbang harus selalu membangun budaya safety secara terencana dan berlanjut, dengan berbagai cara diantaranya: Seorang penerbang harus memperhatikan 5M (Manusia, Mesin, Managemen, Misi, Media ), Karena penyebab kecelakakan disebabkan karena kelima faktor tersebut.

Selain itu juga Penerbang harus mengantisipasi adanya koba (Kecelakaan yang disebabkan karena benda asing). Begitu juga harus selalu update terhadap perkembangan dunia penerbangan, jangan bersikap apatis (masa bodoh), serta tidak berpatokan dengan budaya yang ada (kebiasaan), mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memperkecil resiko kecelakaan, serta tak lupa untuk selalu mengikuti Petunjuk Teknis (Juknis) penerbangan. Penerbang juga harus selalu berbagi ilmu kepada penerbang yuniornya atau siswanya.

Baca juga:  UPACARA TRADISI ANGGOTA BARU DI LANUD SJAMSUDIN NOOR

Sementara itu Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus,SE juga menambahkan bahwa sebagai penerbang mutlak harus mengedepankan jiwa “airmanship”. Airmanship adalah sikap mental dan kemampuan yang mendasari awak pesawat dalam menjalankan tugas.

Komandan Lanud Adisutjipto berharap melalui kunjungan dan pengarahan Komandan Kodikau, para penerbang dan calon penerbang akan memperoleh berbagai arahan yang berharga, sehingga ke depan akan mampu mengemban tugas dengan lebih baik lagi, sesuai dengan harapan pimpinan TNI Angkatan Udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel