Berita

Dankodikau Resmikan SPSM

Dibaca: 1 Oleh 14 Apr 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Komandan Komando Pendidikan Angkatan Udara (Dankodikau) Marsekal Muda TNI Budijono, Kamis (14/4) meresmikan Sarana Pengolahan Sampah Mandiri (SPSM) di Lanud Adisutjipto. Peresmian secara simbolis dilakukan dengan pelepasan balon dan burung serta pemecahan kendi. Di penghujung acara, Dankodikau juga menyerahkan bak sampah kepada para Ketua Rukun Tetangga di perumahan komplek Lanud Adisutjipto. 

SPSM yang terletak di areal komplek perumahan Blok T tersebut, merupakan sarana untuk memilah dan mengolah sampah rumah tangga yang pengelolaannya dilakukan oleh para purnawirawan yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, bekerja sama dengan Lanud Adisutjipto. 

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja menjelaskan, SPSM merupakan inisiatif para warga Lanud Adisutjipto yang merupakan solusi untuk mengatasi permasalahn sampah. Menurutnya, sampah yang sudah menjadi permasalahan di banyak daerah, di tangan warga Lanud Adisutjipto bisa diolah menjadi barang bernilai, seperti kompos ataupun barang daur ulang. 

Komandan Lanud juga menuturkan, pengoperasian SPSM merupakan bukti bahwa warga Lanud Adisutjipto telah meninggalkan paradigma lama tentang penanganan sampah, yaitu yang menitikberatkan pada pengangkutan dan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Dari pengoperasian SPSM pun Komandan Lanud yakin, akan dapat menyerap tenaga kerja. 

Baca juga:  PENUTUPAN PENDIDIKAN TRANSISI PENERBANG HAWK 100/200 A-XV SKADRON UDARA 12

Sementara itu Dankodikau mengatakan, dengan adanya Sarana Pengolahan Sampah Mandiri, secara tidak langsung Lanud Adisutjipto telah turut serta mendukung program pemerintah dalam kebersihan, utamanya untuk pengolahan sampah. Dankodikau berharap, dari Sarana Pengolahan Sampah Mandiri, ke depannya dapat bermanfaat tidak hanya bagi warga komplek perumahan Lanud Adisutjipto saja, namun juga untuk masyarakat sekitar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel