TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Dankodiklatau : Instruktur Mampu Membentuk Penerbang Berkarakter

DSC_5525

TNI AU.          Instruktur penerbang di lingkungan TNI AU, tidak hanya dituntut mampu mentransfer ilmu terbang semata, akan tetapi dituntut mampu membentuk para penerbang yang berkarakter baik, agar benar-benar menjadi perwira penerbang profesional dan memiliki jiwa juang tangguh dan pantang menyerah.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Chairil Anwar dalam sambutannya pada upacara Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan TNI AU Adisucipto yang berlangsung di Balai Prajurit Ganesha, Mako Kodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur, Jumat (13/04).

Terkait dengan peran Lanud Adisutjipto dalam mencetak penerbang TNI dan Navigator TNI Angkatan Udara.  pergantian pejabat dapat dimaknai  sebagai penajaman visi kedepan, atas tugas, fungsi dan peran agar terwujudnya kesiapan tempur Angkatan Udara, dalam menghadapi tugas yang diemban dimasa mendatang yang semakin tidak ringan.

Semakin meningkatnya kualitas input sumber daya manusia penerbang dari tahun ke tahun, juga memiliki tantangan tersendiri sekaligus konsekuensi bagi Lanud Adisutjipto, dalam menyiapkan tenaga instruktur serta pendidik berkualitas memiliki wawasan luas yang berorentasi kemasa depan. Seorang instruktur selain well prepared harus selalu well informed dalam bidang yang diajarkannya, tegas Dankodiklatau

Serah terima jabatan tidak cukup hanya dimaknai sebagai pergantian personel semata,  namun secara substansial juga sebagai  kontinuitas proses mata rantai pembinaan baik organisasi terlebih pembinaan karier personil, guna mendorong akan adanya semangat baru, inovasi yang berorientasi terhadap peningkatan kinerja satuan kerja Kodiklatau.

Sehubungan  dengan keselamatan terbang dan kerja,  tidak bosan-bosan menekankan agar memperhatikan prosedur dan patuh akan aturan, prosedur yang telah dibuat, guna terhindar dari incident maupun accident. Sebagai seorang penerbang hendaknya tidak memandang sebelah mata akan system pesawat, normal prosedur, demikian pula emergency prosedur untuk selalu mengkaji prosedur yang ada.

Serah terima jabatan Danlanud Adisucipto menindaklanjuti Keputusan Kepala Staf  TNI Angkatan Udara Kep/277/lll/2018 tanggal 23 maret 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI  Angkatan Udara, dan hadir pada kesempatan tersebut Para Direktur, Komandan Satuan Kodiklatau dan Para Pejabat, Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodiklatau.

Dankodiklatau : Instruktur Mampu Membentuk Penerbang Berkarakter