Berita

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII
#TNIAU 

Pen Adi.        Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Diyah Yudanardi menutup secara resmi pendidikan Sekolah Navigasi Angkatan ke-13, di Ruang Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu (4/9). Dankodiklatau didampingi Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean menyerahkan ijazah dan piagam penghargaan  kepada Letda Lek Achmad Fauzy Nurputranto, B.Eng, atas prestasi yang diraih sebagai lulusan terbaik Pendidikan Seknav A-XIII, serta 12 siswa Sekolah Navigator TNI AU lainnya.

Hadir dalam upacara Tupdik Seknav Angkatan XII Dirdiklat Kodiklatau, Ka RSPAUHardjolukito, Danwingdikterbang, pejabat Disdikau, Dispsiau, pejabat AAU, Kamuspusdirla, serta segenap pejabat dan Instruktur Navigator di Lanud Adisutjipto.

Sekolah Navigator Angkatan XII tahun 2019 yang dibuka pada tanggal 2 November tahun 2018 yang lalu  telah meluluskan  13 Perwira Navigator baru termasuk 1 orang Wanita Angkatan Udara yaitu Letda Lek Evelyn Putri yang merupakan Navigator  Wara pertama di jajaran TNI AU.

Dankodiklatau dalam sambutannya menyampaikan bahwa  penanggalan tanda siswa, dan penyerahan piagam siswa terbaik menjadi tanda resmi berakhirnya Pendidikan Sekolah Navigator A-13, hal ini berarti pula para siswa Seknav secara akademis telah menyelesaikan rangkaian program pendidikan seperti yang tertuang dalam kurikulum dan akan memulai karir sebagai Navigator TNI Angkatan Udara.

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan ini, merupakan wujud hasil kerja keras yang dilandasi dengan motivasi dan semangat juang yang tinggi dari para mantan siswa dan dedikasi yang tinggi para instruktur dan seluruh tenaga kependidikan.

“Jadikan pula, keberhasilan yang saudara dapatkan sebagai motivasi untuk terus belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh untuk mampu berbuat yang terbaik bagi kejayaan TNI Angkatan Udara. Saya berharap, saudara tetap dapat menjaga jalinan silahturahmi, dan hubungan kerja, baik antar personal dan instansi, maupun almamater di mana pertama kalian dibentuk untuk menjadi Sayap Tanah Air”, tegasnya.

Selain itu Dankodiklatau juga menambahkan beberapa penekanan kepada para siswa Seknav yang baru dilantik yaitu dalam tugas sebagai navigator dan meniti karier di TNI berdasarkan pengalaman empiris Dankodiklatau para perwira hendaknya  agar menumbuhkembangkan inisiatif kreatif, improvisasi inovatif dan invasif sehingga karakter keperwiraan dapat terbentuk. Selain itu dalam melaksanakan penugasan akan mampu menemukan semua pemecahan masalah secara lebih tepat dan mudah.

Sekolah Navigator TNI AU adalah sekolah dasar kecabangan yang bernaung di bawah Skadron Pendidikan 104, Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto, bertujuan untuk mencetak perwira navigator guna mengawaki alat utama sistem senjata TNI AU, khususnya sebagai navigator di pesawat C-130 Hercules. Selama kurun waktu 10 bulan, para siswa telah mendapatkan berbagai pelajaran yang erat kaitannya dengan dunia penerbangan, seperti lambangja, airmanship, map and chart, dead reckoning navigation, plotting, low level navigation, aviation law, air delivery personel and cargo dan lain-lain. Selain itu, masing-masing siswa pun mendapatkan pelajaran praktik bernavigasi sebanyak 145 jam terbang dengan menggunakan pesawat Cessna sebanyak 15 jam terbang pada fase awal, dan 130 jam terbang di pesawat angkut ringan Casa C212-200 Aviocar dan CN-295 di fase lanjutan bina terbang.

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII

Dankodiklatau Resmi Tutup Pendidikan Sekolah Navigator A-XIII

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel