Berita

Dankodiklatau : Selalu Tingkatkan Mutu Profesionalitas, Militansi, dan Inovasi

Dibaca: 70 Oleh 18 Mar 2020Tidak ada komentar
Dankodiklatau : Selalu Tingkatkan Mutu Profesionalitas, Militansi, dan Inovasi
#TNIAU 

TNI AU. SLM.  Agar tercapai peningkatan prestasi kerja yang membanggakan di lingkungan kodiklatau dan jajaran, saya terus mengajak seluruh personel kodiklatau dan satuan jajaran untuk selalu meningkatkan mutu profesionalitas, militansi, dan inovasi.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodiklatau Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas logistik Lanud Sulaiman Letkol Lek Nasfiza Indradi, S.E., M.Han., mewakili Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin sebagai pengambil apel pada pelaksanaan apel pagi yang dilaksanakan di lapangan apel Staf II Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung yang diikuti baik militer maupun PNS serta para siswa yang sedang melaksanakan pendidikan di Lanud Sulaiman, Selasa (17/03).

Dikatakan bahwa profesionalitas dapat kita raih dengan memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan, bersikap proaktif, mencintai pekerjaan, loyalitas, disiplin, dan mau belajar dari kesalahan. Militansi juga dapat tercapai dengan semangat tinggi untuk melaksanakan setiap pengabdian dengan baik, pantang menyerah, dan menyampingkan untung rugi dari hal-hal yang dikerjakan. Militan juga menuntut suatu ketegasan diri, ketekunan, dan keteguhan memegang prinsip. “Sedangkan inovasi dapat dikembangkan dengan mendaya-gunakan keterampilan dan ke-ahlian guna menghasilkan sebuah karya baru, yang tercipta melalui proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan,” kata kadislog.

Dikatakan lebih lanjut bahwa saat ini Kodiklatau melalui tim Inspektorat Kodiklatau tengah melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) di satuan jajaran Kodiklatau, sebagaimana kita ketahui bersama kegiatan wasrik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara periodik setiap tahun. “Kegiatan wasrik bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan serta penurunan kinerja organisasi sedini mungkin, guna menjamin kesesuaian perencanaan program dengan dinamika pelaksanaan di lapangan,” jelasnya. 

Disampaikan pula bahwa wasrik tidak semata-mata ditujukan untuk mencari kesalahan satuan yang menjadi obyek pemeriksaan. Namun lebih pada fungsi manajemen untuk melihat sejauh mana pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan dapat berjalan dengan tepat sasaran. Wasrik juga dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi, termasuk juga penyimpangan terhadap peraturan yang berlaku, sehingga dapat  memberikan  saran  penyempurnaan serta koreksi sesuai batas kewenangan yang diberikan kepada Itkodiklatau.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ditengah merebaknya wabah virus corona yang telah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh WHO, Komandan Kodiklatau berharap kepada seluruh keluarga besar kodiklatau agar menghindari faktor-faktor yang potensial dapat menyebabkan terjangkitnya flu yang disebabkan oleh virus corona. Virus corona atau 2019 novel coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, dan penyakit karena infeksi virus ini disebut covid-19. Virus corona dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus corona. Karena itu cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan terinfeksi virus ini, antara lain menggunakan masker saat ber-aktivitas di luar ruangan, terutama di tempat umum atau keramaian, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan, menghindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar dan jika terjadi kontak segera mencuci tangan.

Jika diantara kita sedang mengalami flu, maka waspadai saat batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan tisu serta kemudian membuangnya ke tempat sampah yang aman, kemudian jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan. ”Apabila merasa kurang sehat baik diri maupun keluarga segera konsultasikan ke dokter yang ada di masing-masing satuan jajaran atau segera memeriksa diri ke rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan dan segera ditindaklanjuti dengan baik, tegas Kadislog.

Komandan Kodiklatau dalam sambutan tertulisnya menegaskan kepada segenap keluarga besar kodiklatau dan jajaran untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita yang disampaikan melalui media sosial. “Mari kita cerdas dalam memilih informasi yang diterima, jangan mudah percaya apalagi terpengaruh oleh berbagai informasi yang belum terverifikasi,” tegas Kadislog.

Usai pelaksanaan apel pagi, seluruh anggota, baik lanud maupun skadik mendapat penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar terkait dengan mewabahnya virus corona yang disampaikan oleh Kapten Kes Akhmad Sokhib, S.Kep., (Kawatum Rumkit Lanud Sulaiman) dengan mempraktekkan menggunakan hand sanitizer yang diikuti seluruh personel Lanud Sulaiman.

Baca juga:  Program Penurunan Berat Badan di Kosekhanudnas I

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel