Berita

Dankoharmatau: Penyusunan RKA-KL, Menuntut Bekerja Efektif dan Efisien

Dankoharmatau : Penyususnan RAK-KL, Menuntut  Bekerja Efektif Dan Efisien
#TNIAU 

TNI AU.  Penyusunan Kebutuhan RKA-KL  Belanja Pegawai dan Barang TA. 2021 berpedoman pada azas prioritas, manfaat dan efisiensi.  Azas tersebut, menuntut  kita semua untuk selalu bekerja dengan efektif dan efisien, untuk menghindari pemborosan dan kebocoran anggaran yang tidak perlu terjadi.

Hal tersebut disampaikan Dankoharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono, dalam sambutannya dibacakan Asren Koharmatau Kolonel Tek JP. Sihombing pada acara pembukaan Rapat Penyususnan RKA-KL Belanja Pegawai dan Belanja Barang TA. 2020 di jajaran Koharmatau, dilaksanakan di Mess Mulyasari, Denma Mabesau, Bogor, Rabu (19/02/2020).

Dankoharmatau menegaskan, para peserta rapat agar lebih teliti, hindari terjadinya kebocoran anggaran,  dan hindari terjadi duplikasi anggaran.

Apa yang dilakukan Koharmatau hari ini adalah semata-mata memenuhi amanat Undang-Undang Menteri Keuangan Nomor  214/PMK.02/2017 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan RKA-KL.

“Peraturan tersebut dalam rangka memudahkan Kementerian dan lembaga dalam melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja dan program mandiri (self evaluation) yang juga merupakan salah satu kewajiban bagi kementerian dan lembaga mengisi capaian output,” tambah Komandan.

Baca juga:  Lanud Sultan Iskandar Muda Ziarah Ke Makam Pahlawan

Capaian output diperlukan karena merupakan feedback untuk mengukur bagaimana alokasi anggaran di tahun yang akan datang. Selain itu, juga untuk melakukan evaluasi atau sebagai early warning apakah capaian output sebanding dengan anggaran yang telah diberikan yang dianggarkan.

Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) merupakan pendekatan sistem perencanaan penganggaran belanja negara yang dapat menunjukkan secara jelas keterkaitan antara alokasi pendanaan dan kinerja, jelas Dankoharmatau.

Karena PBK dirancang untuk menciptakan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam pemanfaatan anggaran belanja public dengan output dan outcome. Sesuai dengan prioritas sehingga semua anggaran yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada masyarakat luas.

Diakhir sambutan Dankoharmatau mengajak,  manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar kehadiran kita semua di sini dapat memberikan kontribusi positif, dengan melakukan pembahasan terhadap hal-hal yang urgent serta dapatkan kesimpulan yang baik dan benar, untuk kemajuan Koharmatau maupun TNI AU pada umumnya.

Rapat Penyususnan RKA-KL Belanja Pegawai dan Belanja Barang TA. 2020 di jajaran Koharmatau, dilaksanakan di Mess Mulyasari, Denma Mabesau, Bogor dihadiri para personel progar dan pekas jajaran Koharmatau.

Baca juga:  Membanggakan, Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh Meraih Zero Accident Award

Dankoharmatau : Penyususnan RAK-KL, Menuntut  Bekerja Efektif Dan Efisien

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel