Berita

Dankoharmatau Pimpin Kegiatan Maturitas SPIP

Dibaca: 30 Oleh 03 Nov 2020Tidak ada komentar
Dankoharmatau Pimpin Kegiatan Maturitas SPIP
#TNIAU 

TNI AU. Bandung-Koharmatau. Tujuan penilaian maturitas dalam rangka meningkatkan keberhasilan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) khususnya di lingkungan Koharmatau dan satuan jajaran, melalui hasil penilaian terhadap penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat menunjukkan tingkat pada level yang optimal.

Hal tersebut disampaikan Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Tri Suryono, dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Komandan Koharmatau Marsekal Pertama TNI J.P Sihombing, pada acara Pengujian Bukti dan Dokumen, Observasi serta Wawancara atas Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di lingkungan Koharmatau beserta jajaran, ruang rapat Basjir Soerya, Makoharmatau, Lanud Husein S, Bandung. Selasa (03/11/2020).

Dankoharmatu menambahkan, kegiatan pelaksanaan pengujian bukti dan dokumen, observasi serta wawancara atas penilaian mandiri maturitas SPIP, terdiri atas unsur lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian informasi dan komunikasi dari pemantauan pengendalian intern.

“SPIP merupakan proses integral pada tindakan dalam kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh personel guna tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, Tambah Dankoharmatau.

Baca juga:  “Jadilah Agen Perubahan dalam Pembangunan Organisasi TNI Angkatan Udara”

Kembali Dankoharmatau menekankan, bahwa kegiatan maturitas SPIP merupakan upaya pemerintah guna memenuhi pasal 58 Undang Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, yaitu menyelenggarakan sistem pengendalian intern di lingkungan Pemerintah secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas satuan kerja.

Oleh karena itu setiap satuan kerja diwajibkan menyelenggarakan SPIP seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Thn 2008, harapnya.

Maturitas SPIP, menunjukkan tingkat kematangan /kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah /kualitas proses pengendalian terintegrasi dalam pelaksanaan tindakan manajerial, dan kegiatan teknis instansi pemerintah sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008 Tentang SPIP.

Untuk itu, kedatangan perwakilan staf BPKP dan tim Itjenau bertujuan melaksanakan observasi dan wawancara maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Koharmatau, dalam rangka meningkatkan penilaian kinerja personel Koharmatau. Lanjut Dankoharmatau.

Dankoharmatau mempersilahkan, kepada staf perwakilan BPKP dan tim Itjenau bekerja, dengan harapan hasil kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program kerja di Koharmatau dan jajaran.

Baca juga:  Dankorpaskhas : “Korps Paskhas Siap Tingkatkan Profesionalisme Prajurit”

Diakhir sambutan Dankoharmatau menekankan agar seluruh pejabat Koharmatau, tetap fokus dalam melaksanakan program kerja yang telah direncanakan, sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Hadir pada kesempatan tersebut Wadan Koharmatau Marsekal Pertama TNI JP. Sihombing, Kolonel Adm Dwi Dedy Gunawan selaku ketua Tim Itjenau beserta anggota tim, Staf BPKP Bpk Edwar, Manager Relationship BRI Bpk Benny Ferdiansyah, Direktur CV. Karya Tiga Putera Bpk Wibowo, Para Pejabat Koharmatau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel