Berita

Dankoharmatau: Rasulullah Pemimpin dan Teladan Umat Islam

Dibaca: 2087 Oleh 20 Nov 2019Tidak ada komentar
Dankoharmatau : Rasulullah Pemimpin dan Teladan Umat Islam
#TNIAU 

TNI AU.  Peringatan Maulid merupakan wahana bagi kaum muslimin untuk menggali dan meneladani sifat-sifat dan kepribadian serta perjalanan hidup Rasulullah. Semua itu akan menjadi pedoman bagi kita dalam mengisi dan mengatur kehidupan, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

Hal tersebut disampaikan Dankoharmatau Marsekal Muda TNI Dento Proyono, yang dibacakan Wadankoharmatau Marsekal Pertma TNI Toto Miarto, dalam sambutannya pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 H/2019 M di Balai Prajurit Budihardjo, Lanud Husen Sastranegara, Bandung. Rabu (20/11/2019).

Lebih janut Dakoharmatau menekankan bahwa, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sarat dengan nilai-nilai humanis pendidikan karakter manusia. Dimana Nabi Muhammad SAW diperintah Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak serta mendidik umat manusia agar belajar sabar menghadapi berbagai ujian dan cobaan kehidupan.

Sementara Penceramah Bapak K.H. Endang Kusmana, M.Ag., keseharian merupakan dosen dan Pengasuh Pondok Pesantren Bani Saiban, Ujung Berung, Bandung.

Disampaikan K.H. Endang Kusmana, M.Ag., dalam menyambut maulid Nabi Muhammad. bahwa Islam dikenal sebagai agama yang sangat humanis. Dimana konsep tauhid, sebagai dimensi ideal transendental dalam ajaran Islam, tidak boleh dipisahkan dari kehidupan sosialnya.

Baca juga:  Dankoharmatau: Melalui Pembinaan Menjamin Kesiapan Alutsista

“Sebagai salah satu bentuk pengamalan sosial, Islam mengajarkan umatnya agar bersikap lemah lembut dalam berdakwah atau mengajak kebaikan. Rasulullah SAW dikenal dengan kelemahlembutannya dalam mengemban risalah Islam. Karena sikap lemah lembut beliau itu pula Islam memiliki daya tarik sangat kuat,” tambah K.H. Endang Kusmana, M.Ag.

K.H. Endang Kusmana, M.Ag.,  mengatakan sikap lemah lembut Nabi Muhammad adalah bagian dari rahmat Allah SWT yang merupakan sifat yang ditanamkan Allah SWT ke dalam jiwa Rasulullah terkait dengan fungsinya sebagai “uswatun hasanah” atau suri tauladan.

“Bukan hanya ‘uswah’ tetapi wajib kita gandengkan dengan ‘hasanah” menjadi satu tarikan nafas. Rasulullah SAW adalah teladan terbaik bagi seluruh makhluk,” tandas K.H. Endang Kusmana, M.Ag.

Menurutnya, sifat lemah lembut Rasulullah hendaknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Islam, terutama para dai (pendakwah) yang merupakan pelanjut risalah dakwah. “Oleh karena itu, pada zaman yang serba maju ini, kita wajib meneladani Rasulullah dengan menjadi pelaku dan penebar Islam yang ramah, bukan marah-marah,” jelasnya.

Baca juga:  Danlanud Pattimura Terima Kunjungan GM PT. Angkasa Pura I Ambon

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Diselenggarakan di Gedung Balai Prajurit Budihardjo Mako Koharmata. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh PNS Rosid S.Ag., dengan tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1441H/2019 M Kita Implementasikan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Guna Mewujudkan Prajurit dan PNS TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.”

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel