Berita

Dankoharmatau : Tahun Baru Hijriyah Melakukan Introspeksi Diri

Dibaca: 20 Oleh 27 Agu 2020Tidak ada komentar
Dankoharmatau : Tahun Baru Hijriyah Melakukan Introspeksi Diri
#TNIAU 

TNI AU. Bandung – Koharmatau. Umat Islam perlu memaknai hijrah dalam perspektif kekinian, sebagai momentum memperbarui sikap mental, perilaku sebagai individu maupun masyarakat, dimana kondisi kehidupan bangsa sedang diuji dengan berbagai permasalahan, melalui Tahun Baru Hijriyah hendaknya menyadarkan kita, agar melakukan introspeksi diri dan introspeksi sosial, sehingga kita dapat keluar dari berbagai permasalahan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Tri Suryono dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wadan Koharmatau Marsekal Pertama TNI Toto Miarto, pada acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, di masjid As Sulthon, Makoharmatau, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (26/08/2020).

Lebih Dankoharmatau menjelaskan, bahwa peristiwa hijrah, merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan agama Islam, semangat dan nilai-nilai Tahun Baru Hijriyah, membawa nilai-nilai perubahan menuju keadaan yang lebih baik dalam segala bidang.

“Momentum Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam, mengingatkan umat islam pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, melakukan perjalanan dari Mekah ke Madinah. Hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW 15 abad yang silam,” tambah Dankoharmatau.

Baca juga:  Upacara Bendera 17-an Bulan Februari 2018 di Lanud Sjamsudin Noor

Peristiwa hijrah merupakan suatu mata rantai perjuangan, membangun tatanan kehidupan masyarakat, memberi jaminan kebebasan menegakkan akidah, menjalankan ibadah, serta merealisasikan ajaran Islam yang menjadi rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi sekalian alam semesta, mengembangkan peradaban Islam membawa perdamaian, keselamatan hidup, di dunia dan akherat, lanjutnya.

Lebih lanjut Dankoharmatau menegaskan, relevansi hijrah pada saat ini, hijrah dari sikap mental dan perilaku yang menyebabkan ketertinggalan sebagai umat yang taat beribadah, hijrah dari pertikaian dan perpecahan menuju perdamaian dan persatuan, serta hijrah dari sikap mementingkan diri sendiri dan golongan, menuju sikap peduli kepada kepentingan bersama.

Dankoharmatau mengajak seluruh personel muslim Makoharmatau, untuk mengevaluasi diri, dan meningkatkan pengabdian, agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat di manapun berada dan bertugas.

Diakhir sambutan Dankoharmatau berharap, peringatan Tahun Baru Hijriyah ini, mampu membawa perubahan menuju peningkatan kinerja, pengabdian, serta kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, baik sebagai prajurit, maupun selaku hamba Allah.

Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, di mesjid As Sulthon Koharmatau

Baca juga:  Lanud J.A.Dimara Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sementara tausiah disampaikan oleh Bapak KH. Muthar Kholid adapun tema peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M : “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M, kita tingkatkan Sinergisitas TNI bersama Komponen Bangsa Menuju Tatanan Kehidupan Baru”.

Kegiatan ini diikuti Ketua PIA AG Gab III Koharmatau beserta pengurus, para pejabat Koharmatau, personel militer dan PNS Koharmatau yang beragama Islam.

Dankoharmatau : Tahun Baru Hijriyah Melakukan Introspeksi Diri

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel