Berita

Dankorpaskhas : Daerah Latihan Paskhas Semakin Tidak Memenuhi Syarat

Dibaca: 166 Oleh 14 Feb 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Daerah Latihan Korpaskhas yang berlokasi di Ranca Upas, Ciwidei, Bandung saat ini tidak memenuhi sayarat lagi sebagai daerah latihan maupun pelaksanaan pendidikan bagi prajurit paskhas, mengingat daerah tersebut merupakan daerah pariwisata yang semakin hari semakin dipadati pengunjung, karena memiliki sumber air panas, beberapa tahun terakhir ini daerah tersebut sudah menjadi tempat wisata faforit yang paling diminati masyarakat baik masyarakat Bandung sendiri maupun masyarakat dari luar wilayah Bandung.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amarullah, saat mengawali dan membuka kegiatan Paparan Komandan Wing III Paskhas Kolonel Psk Yudi Bustami terkait dengan adanya rencana penggunaan lahan (hutan) sebagai daerah latihan Korpaskhas, yang berlangsung di ruang Rapat Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Senin (13/02).

Dalam menyikapi serta menjawab permasalahan yang dihadapi Wing III Paskhas, Komandan Korpaskhas beberapa waktu lalu saat mendengar rapat evaluasi pendidikan Komando, memerintahkan Komandan Wing III Paskhas agar melaksanakan survei tempat dan daerah latihan yang memenuhi kriteria untuk pelaksanaan beberapa pendidikan.

Baca juga:  Ketua PIA Ardhya Garini Cab 6/D.II Lanud Zam Kunjungi Kerajinan Gerabah

Berkaitan dengan daerah latihan tersebut Komandan Wing III Paskhas menyampaikan paparannya, daerah yang dilpilih menjadi daerah latihan merupakan daerah yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, serta memenuhi kriteria untuk melaksanakan beberapa materi latihan seperti Pendidikan Komando, SAR Tempur, Penembakkan PSU (Penagkis Serangan Udara) dan Penembakkan Senjata Bantuan (Lintas Datar dan Lintas Lengkung).

Dan Wing III Paskhas menjelaskan, dengan luas lahan hampir mencapai sekita 600 hektar tersebut, khususnya latihan penembakkan yang menggunakan senjata-senjata berat, tidak akan mengganggu serta menjakau pemukiman warga masyarakat, karena jarak dengan pemukiman penduduk denga daerah tersebut cukup jauh.

Suvey daerah latihan tidak hanya dilaksanakan para perwira Wing IIII Paskhas saja, akan tetapi juga mengikut sertakan pihak-pihak terkait seperti staf Perutani Kab. Bandung, daerah yang dipilih tersebut tidak terlalu jauh dari daerah latihan yang digunakan sebelumnya, berada tepat daerah perbatasan antara kab Bandung dengan Kabupaten Cianjur yaitu hutan Balegede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dalam menutup acara paparan tersebut Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI menekankan, agar para pejabat terkait mulai dari sekarang mempersiapkan segala macam surat-surat maupun aturan yang dibutuhkan guna menindak lanjuti rencana penggunaan lahan tersebut, dengan harapan apa yang menjadi keinginan kita bersama memiliki daerah latihan yang baru mendapat restu dari piminan serta pihak-pihak terkait.

Baca juga:  DAN LANUD IWJ, TEKANKAN LEBIH INTENSIF DAN TELITI DALAM OPERASIONALKAN ALUTSISTA BARU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel