Berita

Dankorpaskhas : Kembali Membuka Dikkualsus Komando 38

Dibaca: 10 Oleh 22 Nov 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Jaga kehormatan dan kewibawaan lembaga, dengan cara para siswa harus mampu bersaing secara sehat untuk memiliki keinginan kuat belajar dan berlatih. Kehormatan dan kewibawaan lembaga ini akan terjaga dengan baik apabila para prajurit mampu berbuat yang terbaik selama mengikuti pendidikan dari awal hingga akhir. 

Demikian dikatakan Dankorpaskhas Marsda TNI Amarullah pada pembukaan Pendidikan Khusus Komando di Mako Korpaskhas Lanud Sulaeman Bandung, Jum’at (22/11) 

Dankorpaskhas menjelaskan, Pendidikan Kualifikasi Khusus Komando ini merupakan pendidikan dasar dalam pembentukan prajurit Paskhas, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para prajurit Paskhas agar siap menghadapi tugas yang diemban Korpaskhas dalam mendukung tugas TNI Angkatan Udara. 

Melalui pendidikan ini, para prajurit akan memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam melaksanakan tugas yang diemban Korpaskhas maupun dalam melaksanakan operasi khusus. Tentunya semua harus didukung dengan sikap dan perilaku dengan jiwa besar, Sapta Marga, memegang teguh Sumpah Prajurit serta memiliki kondisi fisik prima, tambahnya. 

Kualifikasi komando ini, harus dimiliki setiap prajurit Paskhas dan merupakan kemampuan dasar. Kualifikasi yang akan dilaksanakan selama lima bulan ini, akan diisi penuh dengan ilmu dan disiplin militer, baik yang bersifat teori, drill maupun aplikasi lapangan, tegas Dankorpaskhas. 

Baca juga:  DEPUTY COMMANDER US PACAF “SOWAN” KEPADA PANGKOOPSAU I

Dalam kurun waktu tersebut, para prajurit akan menempuh beberapa pentahapan latihan yang meliputi tahap basis, tahap gunung hutan dan tahap rawa laut. Pentahapan latihan tersebut merupakan bentuk pencapaian sikap mental, kemampuan fisik serta kecakapan, sehingga kriteria dan syarat mutlak sebagai prajurit Komando dapat tercapai secara optimal, lanjutnya. 

Lebih lanjut disampaikan, pada tahap persiapan dan tahap basis para siswa akan digembleng mental dan fisik dengan mempertajam latihan-latihan dasar keprajuritan, dengan melaksanakan latihan dasar komando, seperti tehnik, taktik serta teori-teori yang akan dipraktekkan pada tahap-tahap berikutnya. 

Selanjutnya pada tahap gunung hutan para siswa akan diperkenalkan berbagai macam medan guna mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang telah diterima selama berada ditahap basis yang diakhiri dengan long mars dari Rancaupas, Ciwidey Bandung menuju Pameungpeuk Garut. 

Pada tahap akhir yaitu rawa laut, para siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan seluruh ilmu yang telah diberikan dengan mengaplikasikannya pada medan rawa laut. saat itulah para siswa merasakan tantangan yang akan dihadapi. namun saya yakin dan percaya, dengan bekal yang telah para siswa miliki, serta bimbingan dan motivasi dari para instruktur dan pelatih, akan menjadi modal dasar untuk mengikuti pendidikan ini sampai dengan selesai dan berhasil. Kobarkan terus semangat prajurit Komando sejati di dada kalian, agar menjadi seorang prajurit yang berkemampuan Para Komando dapat diraih pada akhir pendidikan nanti.

Baca juga:  Lambangja Untuk Lanud Abd

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel