Berita

Dankorpaskhas : Latihan Sebagai Bentuk Tangungjawab Korpaskhas

Dibaca: 5 Oleh 11 Jul 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Latihan Trisula Perkasa merupakan manivestasi dari hasil pembinaan yang dilakukan Korpaskhas dan juga merupakan wujud akuntabilitas dan pertanggungjawaban Korpaskhas kepada TNI Angkatan Udara khususnya dan kepada masyarakat Indonesia serta bangsa dan negara umumnya.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Amarullah, dalam sambutan tertulisnya pada upacara pembukaan latihan “Trisula Perkasa” Korpaskhas tahun 2011 yang diikuti Wadan Korpaskhas, Inspektorat, Para Asisten, Korsalhli, Para Pejabat Korpaskhas, pelaku serta pendukung latihan, yang berlangsung di Lapangan Merah, Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman. Bandung (10/7).

Dankorpaskhas menjelaskan, mencermati situasi dinamika perubahan lingkungan stategis pada lingkup global dan regional, senantiasa bergerak sangat cepat serta diikuti dengan segala dampak negatifnya, hal ini tentu akan dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat terlebih lagi berkaitan masalah keamanan negara.

“Apabila tidak diantisipasi dan ditangani secara serius dan cepat, tidak menutup kemungkinan menjadi ancaman potensial dan faktual terhadap keutuhan serta keamanan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Tegasnya.

Baca juga:  Haerul Si Pembuat Pesawat dari Barang Bekas Kunjungi Lanud Halim Perdanakusuma

Dankorpaskhas mengingatkan, latihan Trisula Perkasa merupakan kulminasi dari siklus latihan-latihan seluruh satuan jajaran Korpaskhas, yang dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Yang diawali dengan latihan perorangan, satuan serta latihan antar satuan dalam upaya mempertahankan serta meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit Korpaskhas dalam menghadapi tugas serta dalam mendukung tugas pokok TNI Angkatan Udara baik dimasa kini maupun masa mendatang.

Adapun sasaran strategis dari latihan, terwujudnya konsep penangkalan dan penindakan terhadap setiap ancaman yang mengganggu kedaulatan negara kesatuan republik indonesia. Semnetara sasaran operasional terwujudnya kesiapan perorangan maupun satuan dalam mengaplikasikan doktrin operasi sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan sasaran secara taktik, teknik dan prosedur terciptanya kemampuan prajurit paskhas yang lebih profesional dalam mengaplikasikan taktik dan tehnik serta prosedur dalam suatu operasi pertempuran sesungguhnya. Lanjutnya.

Sasaran lain menurut Dankorpaskhas, adalah sasaran psikologis terciptanya hubungan emosional, saling pengertian, semangat integrasi, soliditas dan militansi serta kebanggaan di antara prajurit paskhas. selain itu, latihan ini merupakan media dalam menguji doktrin-doktrin yang berkaitan dengan doktrin-doktrin operasi yang ada di korpaskhas. Lanut Dankorpaskhas.

Baca juga:  Wagub AAU Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Latihan dengan tema “Satgas Paskhas Melaksanakan Operasi Khusus, Ops P3U dan SAR Tempur Dalam Rangka Mendukung Tugas-tugas Kogasud”.

Senantiasa melakukan upaya-upaya pembinaan dengan terus memelihara serta meningkatkan kesiapan operasional satuan-satuan melalui latihan-latihan secara teratur dan terprogram. Tegasnya.

Kegiatan latihan diawali dengan pelaksanaan gladi posko selama tiga hari dimulai pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juli 2011 dan seluruh pasukan yang terlibat latihan baik pelaku dan pendukun akan melakukan pergeseran ke wilayah latihan Merauke pada tanggal 13 Juli 2011, menggunakan pesawat Hercules C-130. di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Upacara pembukaan diikuti oleh Wadan Korpaskhas selaku Direktur latiha, Inperktur, Para Asisten Korpaskhas, Para Pejabat Korpaskhas, pelaku dan pendukng dan perwira, bintara serta tamtama Korpaskhas yag berdinas diwilayah Bandung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel