Berita

Dankorpaskhas Pimpin Upacara Pemakaman Serma (Purn) Imanuel Nuhan

Dankorpaskhas Pimpin Upacara Pemakaman Serma (Purn) Imanuel Nuhan
#TNIAU 

TNI AU. Palangka Raya (12/10). Serma (Purn) Imanuel Nuhan yang merupakan salah satu sesepuh Korps Pasukan Khas TNI-Angkatan Udara telah pergi untuk selama-lamanya pada usia 96 dan dimakamkan melalui upacara militer di Taman Makam Pahlawan, Sanaman Lampang, Palangka Raya, Sabtu (12/10).

Tembakan salvo mengawali proses pemakaman Imanuel Nuhan di Taman Makam Pahlaman (TMP) Sanaman Lampang Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka Raya, Sabtu (12/10).

Upacara pemakaman secara militer tersebut dipimpin langsung Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y, S.E., M.Tr (Han). Diawali pembacaan riwayat Serma (Purn) Imanuel Nuhan, kemudian upacara dilanjutkan pembacaan Apel Persada.

Dalam sambutannya yang dikutip Antara, Dankorpaskhas menyampaikan bahwa pada hari ini khususnya TNI AU berduka dengan berpulangnya Serma (Purn) Imanuel Nuhan. Semangat dan ketokohan beliau masih kami teladani dan akan kami teruskan khususnya kami dari koprs baret jingga.

Dankorpaskhas menyampaikan bahwa almarhum Imanuel Nuhan layak menjadi sosok Pahlawan Nasional, mengingat jasa-jasanya saat menjalankan tugas sebagai anggota TNI AU yang saat itu masih bernama AURI.

Salah satu jasa yang menjadi bagian sejarah terutama bagi TNI AU karena prajurit kelahiran 1 Januari 1924 ini merupakan salah satu dari 13 penerjun pertama yang melakukan penerjunan di daerah Sambi, Kotawaringin Barat, Kalteng pada 17 Oktober 1947.

Pemakaman militer tersebut melibatkan pasukan dari TNI AU, TNI-AD dan Polri. Turut hadir pula Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, Ketua Pia Ardhya Garini Gabungan IV Korpaskhas Ny. Ekowati Eris Widodo, para Pejabat Korpaskhas, Danrem 102/Pjg Kolonel Arm Saiful Rizal, Kapolda Kalteng Irjen Ilham Salahudin, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Keluarga, kerabat serta lainnya ikut menghantarkan jenazah penerjun payung Pertama Indonesia ini ketempat peristirahatan terakhirnya.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel