Berita

Dankorpaskhas : Seluruh Lanud Memiliki Nilai Strategis Tempat Latihan Korpaskhas

Dibaca: 6 Oleh 18 Jul 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pemilihan wilayah Merauke latihan ”trisula Perkasa” tahun 2011, sebagai suatu komitmen bahwa Pangkalan Udara, bandara dan Air Strip yang ada diwilayah NKRI memiliki nilai strategis sebagai Centre Of Grafity dalam suatu operasi udara. Sasaran utamanya untuk melatih kemampuan prajurit dalam melaksanakan operasi serta pengenalan terhadap keanekaragaman medan di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Amarullah pada saat penutupan latihan ”Trisula Perkasa” tahun 2011, yang dihadiri oleh pejabat Pemerintah daerah, pejabat TNI Polri dan Tokoh Masyarakat, bertempat di Appron Pangkalan Udara Udara Merauke, Jayapura. Minggu (17/07).

Menurut Dankorpaskhas, latihan ini merupakan kulminasi dari siklus latihan-latihan yang dislenggarakan satuan jajaran Korpaskhas, secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, latihan ini diawali dari latihan perorangan, satuan serta latihan antar satuan bertujuan mempertahankan serta meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit Korpaskhas dalam menghadapi tugas dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Udara.

Dankorpaskhas menjelaskan, sasaran yang ingin dicapai pada latihan terwujudnya konsep penangkalan dan penindakan terhadap setiap ancaman yang mengganggu kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia, serta terwujudnya kesiapan perorangan maupun satuan dalam mengaplikasikan doktrin operasi sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan sasaran secara taktik, teknik dan prosedur serta terciptanya kemampuan prajurit paskhas yang lebih profesional dalam mengaplikasikan operasi pertempuran sesungguhnya.

Baca juga:  SMA Angkasa Adisutjipto Gelar Lomba Baris Berbaris Putra Dirgantara

Dankorpaskhas menambahkan, dalam menyongsong tugas-tugas dihadapi dimasa datang, Korpaskhas senantiasa harus mampu secara terus menerus memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan satuan melalui daur pembinaan yang diperoleh dari sistem pola gelar latihan yang baik.

Dankorpaskhas berharap, kekurangan dan keterbatasan hendaknya dijadikan sebagai faktor pendorong guna meningkatkan kreasi dan inovasi dalam pendayagunaan segala perlengkapan secara efektif dan efisien sehingga mampu mendukung suksesnya pelaksanaan tugas yang diemban.

Dengan berakhirnya latihan agar seluruh unsur terkait untuk segera melakukan analisa dan evaluasi, sehingga tidak terulang dan terjadi dalam latihan berikutnya, serta tingkatkan rasa tanggungjawab, disiplin dan loyalitas dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selaku Dankorpaskhas menyampaikan, ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi kepada seluruh peserta latihan, Skadron udara yang telah ikut bereperan aktif dalam membantu penyelenggaraan latihan. Dan tidak lupa ucapan terima kasih kepada kepala daerah Merauke, Danlanud merauke, Danrem, Danlanal, Kapolres serta pemuka maysarakat yang telah ikut memberikan fasilitas dalam mendukung serta membantu kelancaran jalannya latihan ”trisula perkasa” Korpaskhas 2011.

Baca juga:  Skadron Udara 21 Lakukan Doa Bersama

Latihan “Trisula Perkasa” yang diawali dengan penerjunan Tim Bravo Paskhas dan Team Dalpur ini disambut gembira oleh ribuan masyarakat merauke masyarakat yang berdatangan dari berbagai wilayah di merauke, bahkan mereka yang berada diluar kota merauke baik yang menggunakan angkutan umum maupun kedaraan pribadi.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Papua, Wakil Bupati Merau Pejabat TNI/Polri wilayah Merauke, Wadan Korpaskhas Selaku Direktur Latihan, Para Asisten Korpaskhas Para perwira, bintara, tamtama Korpaskhas dan Pangkalan Udara Merauke.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel