Berita

Danlanud Abd Dampingi Kapolri, Beri Kuliah Umum di UMM

Dibaca: 1 Oleh 13 Sep 2016Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., M.M. bersama Bupati Malang, Kapolda Jatim, para pejabat TNI/Polri dan para pejabat Muspida Malang, Kamis (8/9) menyambut kedatangan Kapolri di VIP Room Lanud Abd Saleh. Kedatangan Kapolri Drs M Tito Karnavian MA PhD ke Malang dalam rangka memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). yang mengikuti masa pengenalan studi mahasiswa baru. di Dome, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebelum menuju UMM, Kapolri terlebih dahulu melakukan bincang-bincang dengan Danlanud Abd yang membicarakan seputar tingkat keamanan di wilayah Malang. kemudian Danlanud Abd beserta para pejabat lainnya ikut Kapolri ke Dome UMM untuk mengikuti acara kuliah umum tersebut. “Kamtibmas adalah situasi aman dan tertib yang dapat diciptakan untuk pembangunan yang lancar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kapolri. .

Lebih lanjut dijelaskan, pada saat pemberian materi di UMM “ada satu teori penting dalam praktek kehidupan bernegara, yaitu kontrak sosial. Kontrak sosial ini, lanjutnya, disampaikan seorang filsuf Perancis.

Baca juga:  Jadilah Prajurit Berkarakter Luhur yang Dekat dengan Tuhan dan Rakyat

“Dalam kontrak sosial itu filsuf itu mengatakan bahwa antara pemerintah dan rakyat terjadi kontrak sosial. Ada hak dan kewajiban,” tandasnya.

Dikatakan, pemerintah mempunyai hak memerintah tapi ada kewajiban mensejahterakan rakyatnya. Rakyat pun punya kewajiban menaati perintah dan mempunyai hak untuk disejahterakan. Oleh karena itu, kebutuhan nomor satu basic needs adalah sandang, pangan, dan papan harus dipenuhi.

“Jika kebutuhan dasar saja rakyat tidak mendapatkan dan dengan akomodasi pemerintah maka rakyat dapat memutus kontrak sosialnya itu. Oleh karena itu rekan-rekan, rakyat dan pemerintah harus bekerjasama membangun kemanan itu,” tandasnya.

Usai memberikan kuliah umum, Kapolri kembali ke Jakarta melalui Lanud Abd Saleh dengan menggunakan pesawat kepolisian. Kapolri juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyambut dengan hangat . paparnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel