Berita

Danlanud Abd Resmikan Monumen MIG-17 Di Batu

Dibaca: 15 Oleh 21 Apr 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Sungkono, S.E., M.Si. bersama Walikota Batu meresmikan Monumen Pesawat MIG-17 yang terletak di jalan Sultan Agung Batu ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Danlanud Abd dan Walikota Batu yang di disaksikan Ketua DPRD Kota Batu, Ketua Forkopimda dan Muspida Kota Batu, Komandan Kodim, Kapolres Kota Batu dan para undangan lainnya (20/4).

Dalam sambutannya Danlanud mengatakan bahwa pesawat Mig-17 ini pernah digunakan sebagai salah satu kekuatan tempur TNI Angkatan Udara. Dalam perjalanan pengabdiannya pesawat Mig-17 banyak terlibat di dalam operasi pembebasan Irian Barat (kini Papua), serta operasi lainnya yang dilaksanakan pada masa awal mengisi kemerdekaan. Oleh karenanya pesawat Mig-17 banyak berjasa kepada bangsa dan negara Indonesia, utamanya pada awal pelaksanaan pembangunan NKRI. Sebagaimana pesan Presiden RI pertama, bahwa sebagai bangsa yang besar, kita harus selalu ingat akan sejarah perjuangan bangsa sekaligus menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Peresmian monumen pesawat Mig-17 sebagai salah satu upaya untuk tetap melestarikan perjalanan sejarah bangsa dan mengingat akan jasa para pendahulu kita yang telah menorehkan tinta emas bersama pesawat Mig-17.

Baca juga:  Danlanud BNY hadir dalam Pemilihan Muli Mekhanai di Kabupaten Tulang Bawang.

Danlanud berharap monumen pesawat Mig-17 ini agar dirawat dan dipelihara dengan sebaik mungkin, karena pesawat Mig-17 ini menjadi saksi perjalanan sejarah pengabdian TNI Angkatan Udara dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kehadiran monumen pesawat Mig-17 buatan Rusia ini apabila dirawat dengan baik, maka tidak hanya menambah kecintaan masyarakat terhadap Angkatan Udara, atau mempercantik daya tarik kota Batu sebagai kota wisata, akan tetapi lebih dari itu, yaitu dapat menjadi media menumbuhkan wawasan kebangsaan khususnya bidang kedirgantaraan, sekaligus mampu membangkitkan jiwa patriot segenap warga masyarakat.

Diwaktu yang bersamaan Walikota Batu dan Komandan Lanud Abd juga meresmikan Space Display Lukisan yang berada di Taman Hutan Kota Batu yang ditandai pula dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Batu dan Komandan Lanud Abd Saleh. Selanjutnya para undangan langsung meninjau Taman Hutan Kota yang terdapat pula taman Bacaan Masyarakat, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel