Berita

Danlanud Adi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Dibaca: 7 Oleh 21 Mei 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Angkatan 1908 dan 1928 adalah contoh gerakan heroik, bagaimana segolongan cendekiawan muda dapat mendinamisasikan kehidupan politik dan diterima oleh kaum dewasa. Isu-isu yang diusungnya seperti kolonialisme dan imperialisme telah membangkitkan semangat nasionalisme mereka. Angkatan 1908 dan 1928 memang istimewa, karena berani menentang kolonialisme dan menyodorkan suatu gagasan yang cerdas dan brilian, yang pada gilirannya memberi kanal menuju cita-cita Indonesia Merdeka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring menyampaikan hal tersebut melalui Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Abdul Muis dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Senin (21/5).

Menurut Menkominfo Gerakan 1908 dan 1928 yang dipelopori oleh kaum terpelajar yang bercita-cita Indonesia merdeka, menjadi pemicu dan pemacu dalam membangun nasionalisme melalui pikiran dan cita-cita yang digerakkan dalam organisasi pemuda.

Nilai-nilai perjuangan yang telah dirintis oleh generasi 1908-1928, lanjut Menkominfo menjadi titisan semangat bagi generasi selanjutnya untuk terus bergerak maju, menggapai perwujudan cita-cita kebangsaan seiring perubahan dan perkembangan jamannya.

Menkominfo menegaskan, semangat kebangkitan yang dirintis oleh para pendahulu kita, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa dalam menjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan keindonesiaan sejati.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Yogyakarta diikuti tak kurang dari 1000 peserta. Mereka terdiri dari anggota TNI AU, TNI AL TNI AD, Polri, Karbol AAU, Mahasiswa, Guru, Pramuka dan Satuan Pamong Praja.

Upacara peringatan yang mengambil tema Dengann Semangat Kebangkitan Nasional Kita Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Yang Berkarakter, Damai dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat Sejahtera ini dihadiri Wakil Gubernur Propinsi DIY Paku Alam IX, Kapolda DIY Brigjen Polisi Tjuk Basuki, para pejabat TNI AU, TNI AL, TNI AD serta sejumlah pejabat dari berbagai instansi pemerintahan di wilayah Propinsi DIY.

Usai upacara peringatan, acara dilanjutkan dengan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo di Mlati Sleman.

Sementara itu Komandan Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb M. Khairil Lubis, Senin (21/5), memimpin Upacara 17-an di Lanud Adisutjipto. Upacara diikuti segenap anggota Lanud Adisutjipto dan para siswa Sekolah Penerbang.

Dalam upacara yang digelar di Lapangan Jupiter itu, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis membacakan sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E.

Baca juga:  Helikopter Sambar Peserta “Surya Sakti 2011” di Danau Citapen

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel