TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Adisutjipto Buka Latihan Terbang Malam Sekbang 95

IMG_4811

TNI AU. Latihan terbang malam, merupakan salah satu bagian, dari rangkaian proses pendidikan di Sekolah Penerbang di Lanud Adisutjipto.   Setiap tahapan yang wajib ditempuh oleh siswa, harus dapat dilaksanakan dengan baik dan dinyatakan lulus.   Untuk itu berhasil dan tidaknya siswa dalam mengikuti latihan ini, akan sangat menentukan langkah siswa ke jenjang selanjutnya.  Demikian sambutan pengantar Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M  pada acara pembukaan Latihan Terbang Malam Sekolah Penerbang TNI Angkatan-95 bertempat di Shelter Grob Lanud Adisoemarmo, Senin (30/4).

 “Latihan terbang yang perlu diperhatikan oleh para siswa sekalian adalah, mengetahui kemampuan pesawat dan mengetahui kemampuan diri sendiri.   Untuk itu, jangan ada yang mencoba-coba hanya sekedar ingin tahu.  Kita ketahui bersama bahwa tugas penerbangan adalah tugas yang penuh resiko.  Saya harap, setiap siswa dapat mengetahui batas-batas kemampuan pesawat dan batas-batas kemampuan diri sendiri. Dengan demikian setiap awak pesawat akan selalu waspada dan memiliki rasa percaya diri, sehingga berhasil melaksanakan misinya dengan  selamat, “ ujar Danlanud.

 Acara diawali doa bersama dan dilanjutkan  dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Adisutjipto yang disaksikan oleh Komandan Lanud Adisoemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B., Kadislog Lanud Adisutjipto Letkol TekDani Eri wardhana, Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Frando Marpaung, Para Kasi, para Instruktur Penerbang,  serta siswa sekbang.   Terbang malam yang dilaksanakan di area Solo dan sekitarnya menggunakan Pesawat G-120 TP-A Grob.

Komandan Skadik 101, Letkol Pnb Frando L.H Marpaung menjelaskan  Latihan Terbang Malam ini diikuti oleh 43 siswa termasuk satu siswa dari Negara Malaysia.  Pelaksanaan Latihan Terbang Malam  dijadwalkan akan digelar selama sekitar 21 hari, mulai tanggal 30 April dan akan berakhir pada 21 Mei mendatang

Lebih lanjut Dan Skadik 101 menambahkan sesuai silabus sekbang TNI A-95 tiap siswa melaksanakan 5 sorties terbang malam, dengan jam terbang 01:00 jam terbang . Sampai akhir giat terbang malam total sortie yang dilaksanakan siswa 271 sorties termasuk terbang Profisiensi dan Konversi bagi para Instruktur Penerbang.

Hadir dalam acara doa bersama terbang malam diantaranya Komandan lanud Adisoemarmo Kolonel Pnb. Indan Gilang B., Kadislog Lanud Adisutjipto Letkol Tek Dany Eri Wardana, Komandan Skadik 101 dan Para Komandan satuan, Para Instruktur Penerbang, Para Perwira,dan Ground Crew serta para siswa Sekbang lainnya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud Adisutjipto Buka Latihan Terbang Malam Sekbang 95