TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Adisutjipto Hadiri Lesehan Dahar Kembul Bareng di Malioboro

6

TNI AU. Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S, M.M selaku pejabat Forkopimda DIY menghadiri acara kolosal Lesehan Dahar Kembul bareng Masyarakat di Sepanjang Malioboro Jogja yang dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Hemas di sepanjang Malioboro Yogyakarta, Selasa (7/8). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur DIY, para pejabat Forkopimda diantaranya Danrem 072/ Pamungkas, Kapolda DIY, Danlanal Yogya , tokoh lintas agama serta pejabat tamu undangan lainnya.

Kegiatan Lesehan Dahar Kembul ini diselenggarakan oleh Panitia Bersama Bulan Pancasila 2018. Bulan Pancasila 2018 merupakan sinergi-kolaboratif lintas kalangan yang dimotori antara lain Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), Ikatan Alumni UII, Kwarda Pramuka DIY, Pusat Studi Pancasila UGM, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta DIY, Karang Taruna DIY, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK DIY), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI DIY), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I DIY), Eksis Komunika, Galangpress, Sekber Keistimewaan DIY dan Pemda DIY.

Pelaksanaan acara dahar kembul sengaja dipilih bertepatan dengan hari Selasa Wage sebab pada hari itu selama satu hari penuh aktivitas perdagangan kaki lima di Malioboro libur. Rehatnya aktivitas perdagangan ini kiranya dapat dimaknai sebagai momentum penyeimbang agar atmosfir Malioboro tidak melulu dijejali aktivitas perniagaan melainkan juga perlu diselaraskan dengan ekspresi dan artikulasi yang dimuati nilai-nilai kebudayaan.

Dahar kembul menyajikan ratusan buah nasi tumpeng yang berasal dari sumbangan berbagai lapisan masyarakat. Sumbangan ini merupakan wujud implementasi nilai kegotong royongan masyarakat.

Tumpeng dipilih lantaran menggambarkan simbolisasi dari filosofi luhur budaya Jawa yakni Manunggaling Kawula lan Gusti. Kehadiran Ngarsa Dalem dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah DIY serta Forkominda Kabupaten Kota duduk lesehan di Malioboro bersama rakyat adalah bentuk nyata golong gilig saiyeg saeko kapti antara pimpinan dan masyarakat. Harapannya pemimpin semakin dapat mendengar dan mewujudkan amanat hati nurani rakyat.

Acara dahar kembul diawali dengan defile marching band dari parkir Abu Bakar Ali pukul 18.00, disusul pentas kesenian di panggung utama, sambutan Sri Sultan HB X, doa bersama ditutup dahar kembul bersama masyarakat di sepanjang Malioboro. Tumpeng selanjutnya akan didistribusikan panitia ke 17 titik bagi tumpeng. Masing-masing titik akan dilayani oleh kelompok relawan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud Adisutjipto Hadiri Lesehan Dahar Kembul Bareng di Malioboro