Berita

Danlanud Adisutjipto Pimpin Pantukhir Casis Tamtama

Oleh 31 Okt 2018 No Comments
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M hari ini akan memimpin sidang penentuan kelulusan tingkat daerah (pantukhirda) bagi 143 Calon Siswa Tamtama TNI AU Gelombang II TA 2018 bertempat di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu (31/10).

Hadir dalam kegiatan Pantukhirda casis tamtama Wakaruspau, Kadisops Lanud Adisutjipto, Kadispers Lanud Adisutjipto, Kadislog Lanud Adisutjipto, Dansatpom, Ka Intelpam, Kasi Binjas dan Perwira Psikologi Lanud Adisutjipto.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedy Rizalihadi, M.M dalam sambutannya menegaskan, “Dalam sidang pantukhirda, bukan hanya melakukan pemeriksaan dan penilaian atas seluruh hasil tes para Calon Siswa selama mengikuti ujian penyaringan, namun juga mengecek fisiknya, sehingga seleksi ini cukup ketat. Bagi yang di nyatakan lulus pantukhirda harus mempersiapkan diri untuk melaksanakan seleksi selanjutnya. Apalagi TNI AU hanya akan menerima prajurit dengan kualifikasi terbaik,” pungkasnya.

 Kepala Dinas Personel Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Feri Yunaldi menyampaikan minat pemuda untuk berkarir sebagai prajurit TNI AU cukup tinggi. Terbukti setiap ada penerimaan prajurit, baik tamtama, bintara dan perwira selalu kebanjiran pendaftar. Hal itu tercermin dalam penerimaan calon siswa Tamtama TNI AU Gelombang II tahun ini yang pendaftarnya mencapai 300 Orang lulusan dari SMA, SMK yang berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Untuk menjadi Prajurit TNI selain memiliki Jasmani dan rohani yang kuat, namun juga di tuntut memiliki kecerdasan yang bagus.Untuk memenuhi tuntutan  tersebut harus melalui seleksi ketat baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Tahapan seleksi tersebut meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan 1 dan 2 (rikkes 1 dan 2), kesamaptaan jasmani, penelitian personel (litpers) tertulis dan wawancara, psikologi dan screening POM.

Hasil dari berbagai tahap seleksi tersebut, untuk menentukan  jumlah pendaftar yang berhak untuk mengikuti sidang penentuan akhir tingkat daerah (Pantukhirda). Bagi peserta yang di nyatakan lulus Pantukirda selanjutnya mengikuti pantukhir pusat yang akan di pusatkan di Lanud Adisumarmo (Solo).

Terkait

Komentar