Berita

Danlanud Adisutjipto Pimpin Ziarah HUT Ke-73 TNI Angkatan Udara di Ngoto

IMG-20190408-WA0005
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Pen Adi. Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean, memimpin ziarah dalam rangka HUT ke-73 TNI AU di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara, di Ngoto Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (8/4). Di areal monumen Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara, Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh dimakamkan bersama istri.

Kedua pahlawan yang dimakamkan di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara Ngoto adalah pendahulu TNI Angkatan Udara yang gugur pada peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Desa Ngoto sesaat setelah ditembak pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Pesawat Dakota VT-CLA terbang dari Singapura menuju Pangkalan Udara Maguwo dengan membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia.

Ziarah dihadiri oleh Ketua PIA AG Cab2/G.II Lanud Adisutjipto Ibu Imel Bob Panggabean, para Kepala dinas, segenap Pejabat di Jajaran Lanud Adisutjipto, RSPAU dan Denhanud 474 Paskhas, Siswa Sekolah Instruktur Penerbang dan diikuti oleh segenap anggota dari ketiga instansi TNI AU serta Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU).

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara para pahlawan diantaranya Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh.

\

Leave a Reply