Berita

DANLANUD ADISUTJIPTO PIMPIN ZIARAH

Dibaca: 17 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-64, sejumlah personel militer, PNS dan PIA dari Lanud Adisutjipto melaksanakan ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto Bantul, Kamis (8/4). Ziarah dipimpin oleh Komandan Lanud Adisujtipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja. Diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah pahlawan ziarah dilanjutkan dengan tabur bunga dan diakhiri dengan doa.

 

Ngoto adalah tempat dimana pada tanggal 29 Juli 1947 pesawat VT-CLA yang ditumpangi Adisutjipto, Abdulrachman Saleh dan Adisutmarmo jatuh setelah ditembak pesawat Kitty Hawk Belanda. Di lokasi tersebut, selain dibangun munumen sebagai tanda perjuangan TNI AU melawan penjajah Belanda, juga dimakamkan jasad Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh yang masing-masing dengan istri.

 

Sebelum tahun 2000 makam Adisutjipto maupun Abdulracman Salah terletak terpisah, yaitu di tempat Pemakaman Umum Kuncen I dan Kuncen II. Namun sebagai bentuk perhatian TNI AU atas jasa-jasa beliau, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hanafi Asnan berkenan memindahkan kedua makam tersebut dalam satu lokasi. Dipilihlah desa Ngoto, karena selain pertimbangan sejarah di tempat itu juga terletak monumen milik TNI AU. Pada tanggal 13 Juli 2000 makam kedua Pahlawan Nasional tersebut dipindah dan disandingkan di lokasi monumen, yang kemudian dikenal dengan nama Monumen Perjuangan TNI AU.

Baca juga:  PRESIDEN PIMPIN RAPAT KABINET

 

Letkol Sus Drs Sudarno selaku penanggung jawab Monumen Perjuangan TNI AU menjelaskan, pesiarah tidak hanya datang dari kalangan TNI AU saja namun juga dari masyarakat dan pelajar yang peduli terhadap sejarah perjuangan bangsa terutama sejarah TNI AU. ”Pesiarah yang datang biasanya juga ingin tahu tentang peristiwa 29 Juli 1947 dan ketokohan kedua Pahlawan Nasional dari TNI AU itu,” pungkasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel