Berita

Danlanud Adisutjipto Sampaikan Materi Current Issue Bidang Penerbangan dan Pembinaan Penerbang di Era Milenial

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean menjadi salah satu Narasumber pada Rakor Psikologi tahun 2020 yang bertajuk Inovasi Psikologi dalam proses seleksi dan pembinaan personel TNI AU yang unggul, professional dan Militan, di Gedung Indoor Training Dispsiau Jakarta Timur, Kamis (27/02/20202).
#TNIAU 

TNI AU. Pen  Adi.       Komandan Lanud Adisutjipto  Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean menjadi salah satu Narasumber pada Rakor Psikologi tahun 2020 yang bertajuk Inovasi Psikologi dalam proses seleksi dan pembinaan personel TNI AU yang unggul, professional dan Militan, di Gedung Indoor Training Dispsiau Jakarta Timur, Kamis (27/02/20202).

Danlanud menjelaskan dipilihnya judul Pembinaan Penerbang dalam menghadapi siswa milenial bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana cara menghadapi siswa yang berasal dari generasi Z, sehingga dengan metode yang tepat mendapatkan hasil atau calon penerbang yang optimal.

Secara gamblang danlanud mengajak peserta seminar agar mengetahui terlebih dahulu siapakah generasi Z. Generasi ini adalah generasi penerus setelah generasi milenial. Dikutip dari New Research definisi generasi Z adalah orang yang lahir setelah 1997 yang tumbuh dengan teknologi internet dan media sosial. Lahir dan berkembang di era teknologi digital sehingga menjadikan generasi Z sebagai pecandu teknologi dan cenderung anti sosial.

Dalam menyampaikan definisi generasi Z ini, narasumber memberikan bukti bahwa 35,2% mengakses info melalui media sosial. Rata-rata mengakses internet 3-5 jam perhari, 90% melalui ponsel. Namun berita baiknya, generasi Z ini dalam bekerja memiliki toleransi yang tinggi, sangat fleksibilitas dan popular yang sangat ditonjolkan karena senang dipuji. Apabila dalam sesuatu pekerjaan haus akan pujian. Budaya bekerja senang membangun usaha sendiri. Tanggap terhadap suatu hal yang baru.

Baca juga:  Peringatan Sumpah Pemuda Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Coke Kicks

Ciri-ciri generasi Z, seperti membutuhkan teladan yang sempurna, tidak akan langsung menerima suatu baru tanpa menganalisis, mereka memiliki pertanyaan mengapa untuk setiap kasus seorang instruktur harus menjelaskan dan memberikan contohnya. Memiliki empati rendah, individualisme tinggi, dengan interaksi yang benar, mereka akan menjadi sempurna. Kendala dari semua ciri-ciri ini, orang gen Y sekarang tidak dapat mengajar pemula generasi Z.

Lebih lanjut dijelaskan, generasi Z yang merupakan generasi penerus dalam dunia kedirgantaraan harus dibantu agar timbul ide kreatifnya atau inovasinya, membangun motivasi dalam belajar. Ide kreatif generasi Z diarahkan dengan penuh kesabaran. Sumber data antara lain; buku A/T Skadik 104, CFS A/T Handbook, Instructor Manual Guide, Kualifikasi Instruktur Penerbang (QFI).

Dalam pembinaan penerbang ini, Danlanud Adisutjipto menekankan pentingnya instruksi saat terbang. Dan briefing sebelum terbang, dilaksanakan untuk menyamakan persepsi antara siswa dan instruktur sebelum melaksanakan terbang. Briefing tersebut dapat dilaksanakan di cell brief atau ruang kelas.

Pada saat ini siswa Sekbang per-angkatan di Lanud Adisutjipto dari tahun 2016 sampai dengan sekarang sejumlah 40 sampai dengan 50 orang untuk program siswa Sekbang terpadu yang terdiri dari lulusan AAU, Akmil dan AAL, yang usianya antara 21 sampai 25 tahun.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean menerima kenang-kenangan oleh Dinas Psikologi TNI AU saat menyampaikan Materi Current Issue Bidang Penerbangan dan Pembinaan Penerbang di Era Milenial dalam Rakor Psikologi

Danlanud Adisutjipto Sampaikan Materi Current Issue Bidang Penerbangan dan Pembinaan Penerbang di Era Milenial dalam Rakor Psikologi

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean saat diwawancarai sebagai salah satu Narasumber pada Rakor Psikologi tahun 2020 yang bertajuk Inovasi Psikologi dalam proses seleksi dan pembinaan personel TNI AU yang unggul, professional dan Militan, di Gedung Indoor Training Dispsiau Jakarta Timur, Kamis (27/02/20202).

Danlanud Adisutjipto Sampaikan Materi Current Issue Bidang Penerbangan dan Pembinaan Penerbang di Era Milenial dalam Rakor Psikologi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel