Berita

Danlanud Adisutjipto Terima Kunjungan Ka Basarnas DIY

Dibaca: 91 Oleh 08 Agu 2018Tidak ada komentar
Danlanud Adisutjipto Terima Kunjungan Ka Basarnas DIY
#TNIAU 

Pen Adi.  Bertempat di Mako Lanud Adisutjipto Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S, M.M. menerima kunjungan audiensi dari Kepala Basarnas DIY Bapak Lalu Wahyu Effendi, Selasa (7/8).

Dalam kesempatan kunjungan audiensi tersebut hadir Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Andi Wijanarko, Kapentak Mayor Sus Ambar Rejiyati, Kepala Sub Seksi Sumber Daya Bapak Abdul Rahman SE dan Humas Basarnas Bapak Pipit Eriyanto.

Ka Basarnas DIY menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Audiensi ini adalah untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri selaku pejabat baru Basarnas DIY. Audiensi dilaksanakan dengan beberapa instansi terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban Basarnas DIY.  Basarnas sendiri adalah Lembaga pemerintah non departemen yang memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan, serta memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR nasional dan internasional.

Baca juga:  Jaga Sinergitas TNI, Polri dan FKPD Kotawaringin Barat Dengan Olah Raga Bersama

Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran dan/atau penerbangan, dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah yang dimaksud meliputi 2 hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue).

Komandan Lanud Adisutjipto juga menyampaikan terima kasih dan berharap bahwa jalinan komunikasi dan kerjasama yang telah dijalin dapat terus dijaga bahkan ditingkatkan. Untuk saat ini Basarnas telah banyak bekerjasama dengan Lanud Adisutjipto di beberapa event yang diselenggarakan diantaranya kegiatan Jogja Air Show yang merupakan event berskala internasional dan diselenggarakan secara rutin. Lebih lanjut Komandan juga menyampaikan bahwa sesuai dengan tugas dan fungsi TNI AU, bahwa di Lanud Adisutjipto juga terdapat pesawat Colibry yang merupakan dukungan Standby SAR. “Komitment untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat bisa terwujud dengan adanya kerjasama dan komunikasi dari Basarnas dan Lanud Adisutjipto”, tegasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel