Berita

DANLANUD AJAK WARGANYA MEMBUAT BIOPORI

Dibaca: 8 Oleh 16 Sep 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Wujud cinta lingkungan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Seperti saat ini yang tengah berlangsung musim kemarau, tapi Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Sungkono, SE, M.Si., sudah memikirkan bila nanti musim hujan datang agar tidak terjadi banjir, bahkan air hujan pun tidak terbuang sia-sia serta mampu meningkatkan unsur hara tanah yang sangat bermanfaat bagi semua tanaman. Langkah wujud cinta lingkungan tersebut, Marsma Sungkono telah menyiapkan peralatan untuk membuat lobang resapan air yang disebut biopori.

Akhir-akhir ini Biopori menjadi salah satu pilihan tepat masyarakat Indonesia untuk menghindari terjadinya dimana-mana. Lubang resapan biopori yang merupakan metode resapan air ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap tanah terhadap air yang ada dipermukaannya, demikian penjelasan Komandan Lanud Abd Saleh dalam sambutannya pada apel pagi hari Senin (15/9) yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Abd Saleh bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, kata Danlanud melanjutkan arahanya tentang pembuatan Biopori tersebut. “sayang apabila air hujan yang ada hanya mengalir ke sungai dan akhirnya bermuara ke laut tanpa ada yang meresap ke tanah.” . Untuk itu Danlanud menghimbau kepada seluruh anggotanya yang tinggal di perumahan dinas yang ada di Lanud Abd maupun diluar Lanud agar membuat biopori dari sekarang sehingga di harapkan nantinya saat musim hujan tiba tidak terjadi banjir karena air dapat langsung masuk ke dalam serapan biopori yang telah disiapkan.

Baca juga:  DANLANUD LWM HADIRI BAKTI SOSIAL KESEHATAN DALAM RANGKA RAPIM TNI 2018

Mulai hari ini daun-daun yang disapu setiap pagi di sekitar Lanud Abd agar di kumpulkan dan selanjutnya dimasukkan ke lobang-lobang biopori di masing-masing kantor dan Komplek perumahan Lanud Abd,. perintah Danlanud Abd mengakhiri sambutannya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel