TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud HAD Apresiasi  Pelatihan Pertanian Organik Bengkel Bumi Nuswantoro 

By 20 Nov 2017Berita
2017-11-20-had

TNI AU. Komandan Lanud Harry Hadisoemantri (HAD) Letkol Pnb Erick Rofiq Nurdin didampingi Lettu Kal Uray Irfan Bashari, S.S.T.Han. mengapresiasi dan mengikuti pelatihan pertanian Bengkel Bumi Nuswantoro yang meliputi bidang kesehatan (herbal), pertanian organik, perikanan dan peternakan. Pelatihan tersebut diikuti 73 orang peserta berasal dari wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan bertempat di Hotel Grand Mahkota Pontianak, Sabtu (18/11).

Beberapa pembicara dalam pelatihan ini akan merubah paradigma tentang pola pikir petani sukses, membuka wawasan usaha pertanian lain dan menambah komunikasi jaringan bisnis, diantaranya Bapak Harry Abdussalam (Lampung), Ibu Winda (Yogyakarta), bapak Hendro Suparman (Pontianak) dan Uray Tiar Fahrozi (Pontianak).

Bapak Harry Abdussalam, Selama ini, jika kita bertani selalu bergantung dengan pupuk kimia sintetis atau pun pupuk kimia organik buatan pabrik, begitu juga dengan pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit, maka biaya produksi para petani menjadi mahal.

Dengan itu, Bengkel Bumi Nuswantoro memberikan keterampilan kepada petani antara lain membuat nutrisi tanaman, asam amino, perangsang buah, pestisida organik dan mengatasi keasaman tanah pertanian secara organik dan swadaya serta kiat-kiat pertanian organik lainnya. Inilah cara membuat pupuk dan pestisida dari alam serta mengatasi biaya produksi yang mahal menjadi murah, tambahnya

Sedangkan, Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Erick Rofiq Nurdin, pelatihan ini sangat bermanfaat dan berguna untuk bisa dikembangkan sekaligus dipraktekan dan di sosialisasikan pada pertanian anggota Lanud Had dan warga disekitar Lanud HAD. Dengan harapan hasil dari pertanian mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya produksi yang rendah, sehingga para anggota dan petani menjadi makmur dan sejahtera, jelas Danlanud Letkol Pnb Erick Rofiq Nurdin

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud HAD Apresiasi  Pelatihan Pertanian Organik Bengkel Bumi Nuswantoro