Berita

Danlanud : Berkurban Ajarkan Kesalehan Sosial

Dibaca: 1 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah Swt. Secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat. Dari peristiwa kurban ini diharapkan tumbuh kesalehan sosial. Demikian sambutan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Gutomo, S.I.P yang disampaikan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha 1431 H di lapangan upacara staf II Lanud Sulaiman. Rabu, (17/11).

Harapan danlanud kiranya tidak berlebihan dan sesuai dengan perayaan Idul Adha 1431 H yang tahun ini mengusung tema, “Dengan Hikmah Idul Adha Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial Prajurit TNI Dalam Rangka Memperkokoh Soliditas Demi Suksesnya Tugas Pokok TNI.”

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa pengertian berkurban tidak selamanya dengan menyembelih hewan. Menyembelih hewan hanyalah sekedar lambang dari pengorbanan. Sejak zaman nabi Adam Alaihissalam dilambangkan dengan bentuk yang berbeda-beda. Hingga Allah Swt memerintahkan berkurban kepada nabi Ibrahim dan beliau melaksanakan pengorbanannya dalam bentuk penyembelihan terhadap anaknya, Ismail, yang kemudian Allah Swt menggantinya dengan seekor Qibas.

Jadi hakekat pengorbanan adalah mengorbankan apa-apa yang paling dicintainya untuk mengikis setitik debu dalam hati yang menghalangi, yaitu ”kekikiran,” kata Danlanud. Sebagaimana dinyatakan dalam surat Al Hajj ayat 37, yang artinya “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Sebelum penyerahan dan penyembelihan hewan qurban, di lapangan Upacara Staf II Lanud Sulaiman dilaksanakan sholat Idul Adha yang dihadiri oleh Komandan, dan warga Lanud Sulaiman serta masyarakat sekitar dengan iman dan khotib Drs. H. Asep Samsudin.

Hewan kurban yang terkumpul pada perayaan Idul Adha 1431 H tahun ini berjumlah 2 ekor sapi dan 31 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di gedung Sarban (sarana bantuan) Lanud Sulaiman.

 

Baca juga:  TOURNAMENT FUTSAL PIALA DANLANUD CUP 2010

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel