Berita

Danlanud Buka Puasa Bersama di Satpomau Lanud Atang Sendjaya

Dibaca: 6 Oleh 09 Jul 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Dedy Permadi, SE.,MMDS bersama para pejabat Lanud Ats, Ketua PIA Ardya Garini Cabang 3/D.I beserta pengurus dan seluruh anggota melaksanakan buka puasa bersama, yang di awali dengan Tausiah yang disampaikan oleh Ustaz Riski di Gedung Serbaguna Satpomau Lanud Atang Sendjaja Bogor. Selasa, (7/7).

Pada Tausiahnya Ustaz Riski, menyampaikan, dalam Firman Allah: “Diwajibkan atas kamu berpuasa” artinya adalah wajib hukumnya atasmu untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa. Allah telah menjadikan takwa sebagai tujuan diwajibkannya ibadah puasa. Ibadah puasa merupakan wasilah dalam meraih ketakwaan

Lebih lanjut Ustaz Riski mengatakan, dalam mejalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan ini terdapat hal-hal yang dapat membatalkan puasa diantaranya makan, minum atau menghisap sesuatu dengan sengaja, baik yang bermanfaat atau yang berbahaya seperti rokok. Jika tidak sengaja karena lupa makan tidak batal, asalkan begitu teringat sedang berpuasa harus menghentikan makannya. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa lupa bahwa ia puasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah disempurnakan puasanya; sesungguhnya Allah yang memberi makan dan minum.

Baca juga:  PESAWAT YANG DI TAHAN DI LANUD SOEWONDO DI LEPAS

Muntah disengaja, tetapi jika muntah tanpa disengaja atau dibuat-buat, maka tidak batal puasanya. Sabda Rasulullah SAW “Barangsiapa terpaksa muntah, tidaklah wajib mengganti puasanya, dan barangsiapa yang mengusahakan muntah, maka hendaklah ia mengganti puasanya pada hari yang lain”.

Melakukan jima’ hubungan intim suami istri pada siang hari di bulan Ramadhan padahal ia sedang berpuasa. Bagi yang melanggarnya, wajib membayar kifarat denda sesuai dengan kemampuannya. Boleh memilih salah satu dari tiga macam denda: memerdekan seorang budak; mengerjakan puasa selama dua bulan berturut-turut; atau memberi makan 60 orang fakir miskin dengan ¾ liter per orang.

Pada akhir Tausiahnya Ustaz Riski menghimbau kepada kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat keluarga besar Satpomau Lanud Ats untuk berlomba-lomba meningkatkan amal dan ibadahnya, baik ibadah sunnah maupun ibadah wajib, karena di bulan suci Ramadhan ini Allah SWT melipat gandakan pahala bagi umat-Nya yang beribadah dengan tulus dan ikhlas. Pada acara buka bersama Keluarga Besar Satpomau Lanud Ats kali ini mengambil tema, “ Indahnya Kebersamaan Di Ramadhan yang Fitri, Bersikan Diri, Sucikan Hati, Melangkah Pasti Menuju Kemenangan.”

Baca juga:  RUMKIT TNI AU LANUD MEDAN ADAKAN BAKSOS DI KABUPATEN SAMOSIR

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel