Berita

Danlanud: CANANGKAN BUDAYA BERSIH LINGKUNGAN PERUMAHAN

Dibaca: 7 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Mewujudkan kebersihan lingkungan sangat terkait dengan budaya serta disiplin, membangun budaya bersih lingkungan di tengah-tengah komplek perumahan bukanlah merupakan hal yang mudah, karena dibutuhkan langkah-langkah atau terobosan-terobosan.  Danlanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Nanang Santoso mencanangkan lomba kebersihan lingkungan kompleks perumahan, lomba ini diharapkan mampu mewujudkan budaya bersih lingkungan khususnya dikomplek perumahan Lanud Pekanbaru, lomba yang telah berlangsung dua bulan ini hingga saat ini telah memasuki tahap penilaian yang dilakukan oleh tim penilai yang telah dibentuk.

Sebagai pemicu untuk lebih memotivasi seluruh warga agar lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan, Danlanud Pekanbaru akan membagikan  sebanyak 500 kaleng cat yang dibagikan untuk setiap rumah.   Tercatat sebanyak 477 rumah yang akan dinilai dan beberapa mess yang ada di kawasan perumahan Lanud Pekanbaru.

Tim penilai yang dibentuk Danlanud berdasarkan Surat Perintah Nomor : Sprint/806/XII/2009 ini, melibatkan 28 personel yang dikoordinir oleh Kapten Kes Miryanto Andiek  dengan membentuk 6 ketua tim yang masing-masing tim beranggotakan tiga orang. Setiap tim menilai sebanyak 15 rumah perhari, sehingga hasil penilaiannya lebih obyektif dan menyeluruh dengan format penilaian yang telah dikonsep sebelumnya. Konsep penilaian dibagi menjadi tiga aspek yang meliputi, Aspek penilaian rumah sehat, aspek bidang fisik bangunan dan lingkungan serta aspek mess dan lingkungan. Tiap-tiap aspek penilaian mencakup seluruh kebersihan yang ada dengan sistem penilaian berdasarkan jumlah score tiap-tiap rincian dari aspek yang dinilai. Untuk aspek rumah sehat digolongkan menjadi empat kategori, penilaian kategori golongan Rumah Baik harus mendapatkan score lebih dari 60 poin, penilaian Rumah Cukup Baik dengan score 45-60 poin dan score 35-45 poin tergolong Rumah Kurang Baik serta score kurang dari 30 poin dinilai Rumah Tidak Sehat.

Baca juga:  Lanud Husein Siap Dukung Demo Udara Meriahkan Sertijab Kasau

Untuk pemenang yang akan diumumkan pada tanggal 27 Januari nanti telah disiapkan beberapa hadiah dan piagam penghargaan dari Danlanud Pekanbaru, sehingga nantinya seluruh rumah yang berada dikompleks perumahan Lanud Pekanbaru merupakan rumah yang bersih, indah, asri dan sehat

Selain untuk menciptakan budaya peduli terhadap kebersihan lingkungan, lomba ini juga erat kaitannya dengan pencapaian misi Lanud Pekanbaru untuk menuju menjadi Lanud Andalan. Faktor kebersihan lingkungan kompleks perumahan merupakan salah satu faktor yang menunjang untuk mewujudkan visi tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel