Berita

Danlanud Dominicus Dumatubun Hadiri Acara Puncak Peringatan “Nendit Sakmas” Di Kampung Ohoi Samawi

Dibaca: 3 Oleh 07 Sep 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 09 07 at 12.51.28
#TNIAU 

TNI AU. Puncak peringatan Hari Nen Dit Sakmas yang ke-3 tanggal 7 September 2021 diperingati di Lokasi Taman Budaya Makam Nen Dit Sakmas di Ohoi Semawi,sslasa (7-9-2021).

Dalam kesempatan ini para unsur Forkompinda Maluku Tenggara di sambut dan diterima dengan tarian adat Kei, Toar Taroman dan Pemasangan Gelang Adat. Sebelum acara puncak peringatan Nendit Sakmas tahun 2021 ini, telah di lakukan beberapa rangkaian kegiatan yang telah berlangsung beberapa hari antara lain Seminar Nen Dit Sakmasdan napak tilas perjalanan Nendit Sakmas.

Disampaiakan Bapak Bupati Malra Bapak H.M. Thaher Hanubun Maksud dan tujuan Peringatan Hari Nen Dit Sakmas adalah membangkitkan kembali tatanan nilai-nilai yang dicetuskan dalam Hukum Adat Larvul Ngabal oleh Nen Dit Sakmas dan menggali dan menemukan kembali jati diri masyarakat Evav teristimewa dalam menjunjung tinggi harkat dan martabat Perempuan Evav yang cenderung akan sirna akibat dari terjadinya perubahan nilai akibat dari pengaruh arus modernisasi dan globalisasi.

Lebih lanjut Bapak Bupati menambahkan bahwa kita perlu menemukan kembali, merevitalisasi dan menghidupkan kembali akar-akar kebudayaan Kei. Peringatan Nendit Sakmas bagi Masyarakat Maluku Tenggara merupakan moment bersejarah ini, nilai-nilai dan filosofi hidup Orang Kei yang tertuang dalam Hukum Adat Larwul Ngabal maupun cara hidup Nen Dit Sakmas dapat merasuki seluruh Gerak kehidupan masyarakat Evav, lebih khusus perempuan Evav dimanapun berada.

Baca juga:  Anggota TNI AU dan Keluarga Untuk Tidak Mendukung Kegiatan People Power

Acara Puncak Peringatan tersebut dihadiri oleh Bupati Maluku Tenggara Bapak H. M. Thaher Hanubun bersama Ketua TP PKK Kab. Malra, Ibu Eva E. Hanubun, Wakil Bupati Malra Bapak Ir. P. Beruatwarin, M.Si bersama Ibu Wakil Ketua TP PKK Kab. Malra, Ibu R. Beruatwarin, Ketua DPRD Bapak S. Th. Welerubun, Komandan Lanud D.Dumatubun Letkol Pnb Ruli Surya P.S, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu wisnawa, Kapolres Tual AKBP Dax M. Manuella Samson Manuputy S.I.K dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat Pulai Kei Maluku Tenggara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel