Berita

DANLANUD HUSEIN S. BUKA TMMD DI GARUT

Dibaca: 6 Oleh 09 Jun 2010Tidak ada komentar
DANLANUD HUSEIN S. BUKA TMMD DI GARUT
#TNIAU 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-84 di Desa Mekarbakti dan Desa Gunung jampang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat, secara resmi dibuka oleh Komandan Lanud (Danlanud) Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Asep Adang Supriyadi, Selasa (8/6).

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada saat upacara pembukaan, Danlanud membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal TNI George Toisutta, yang menyatakan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan system “Bottom Up Planning”.

Program TMMD dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, serta menghadapi berbagai hakikat ancaman.

Baca juga:  Latihan Survival Dasar 2019, Danlanud Iswahjudi: Penerbang Mutlak Miliki Kemampuan SERE

TMMD merupakan wahana mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui kegiatan TMMD dengan sasaran fisik terutama pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, akan meningkatkan roda perekonomian daerah karena terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil.

Sedangkan sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Peningkatan wawasan dan semangat kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela Negara yang mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa, guna mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan dan persoalan bangsa maupun ancaman yang mungkin timbul.

Selain itu, kegiatan non fisik juga diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa, hidup saling tolong menolong atas dasar kesetiakawanan sosial yang tumbuh di hati kita, tumbuhnya rasa saling menghormati dan selalu bahu membahu untuk membangun negara dan bangsa yang kita cintai ini.

Baca juga:  Kolonel Pnb Oka Prawira Jabat Dirdik Seskoau

TMMD akan berlangsung dari tanggal 8 s.d. 28 Juni 2010 melibatkan personel TNI dan sipil yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel