TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Manuhua Hadiri Sabsiber Mambri Adat

By 13 Mar 2019 March 14th, 2019 Berita
WhatsApp_Image_2019-03-12_at_10.34.44_AM

TNI AU. Setiap tempat memiliki suatu aturan dan adat istiadat yang berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah yang lain dalam memperlakukan pemimpin di daerahnya. Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Biak Numfor, terdapat suatu pelantikan yang dilakukan secara adat kepada seorang yang dianggap penting dan berpengaruh di daerahnya. Kegiatan tersebut merupakan pemberian gelar seseorang sebagai Mambri atau yang dapat diartikan sebagai pahlawan.

Berkaitan dengan hal itu komandan Lanud Manuhua Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto M.Si (Han) turut menghadiri acara pelantikan adat atau yang biasa disebut Sabsiber Mambri Adat dari bapak Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd yang dilaksanakan di lapangan SD Negeri Napdori Kp. Napdori Kabupaten Biak Numfor (12/3). Acara tersebut dilakukan berkenaan dengan akan dilantiknya beliau sebagai Bupati Biak Numfor pada tanggal 14 Maret 2019.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Kab. Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd mengungkapkan bahwa pemberian gelar adat kepada dirinya merupakan  suatu tanggung jawab yang sangat besar, terdapat tahapan-tahapan yang diberikan adat seperti ini dalam memberi gelar dan tidak selalu seorang Bupati yang akan dilantik diberikan gelar Mambri.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa suatu penghormatan, tidak semua laki-laki diberikan sebagai gelar Mambri, tidak semua perempuan diberikan gelar Binsow, oleh karena itu mari kepada generasi muda semua untuk selalu bekerja keras agar seluruh anak muda di Biak Numfor bisa mendapatkan gelar  Mambri.

Pada kegiatan Pelantikan adat tersebut turut disaksikan oleh Pangkosekhanudnas IV  Marsma TNI Mujianto, S.T., M.Tr. (Han), Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Danyonko 468/Sarotama Mayor Pas Sonni W, Danramil Biak Barat Kapten Inf Yakobus Obinaro, Ketua DPRD Biak  Ir. Zet Sandi, MM serta para tokoh adat dan masyarakat di wilayah kabupaten Biak Numfor.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Danlanud Manuhua Hadiri Sabsiber Mambri Adat