Berita

Danlanud Manuhua Ikuti Penanaman Padi Serempak di Nabire

Dibaca: 11 Oleh 10 Okt 2016Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Acara tanam serempak pada lokasi cetak sawah tahun 2016 di kampung Wanggarsari, Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos MAP, mengajak pejabat pemerintahan, TNI, dan Polri di Papua untuk mengawali program pemerintah ini. Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVII Cendrawasih yang diwakili Danrem 173/Praja Vira Braja Biak, Komandan Lanud Manuhua, Kolonel Pnb Arif Widianto S. AB., M. TR (HAN), serta rekan-rekan Forkompinda Kab. Nabire, Ketua DPRD Kab. Nabire, Sekretaris Kab. Nabire juga Kepala SKPD se- Kab. Nabire dan para petani setempat.

Penanaman padi serempak di Nabire dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah papua pada umumnya, agar pada masa yang akan datang, papua tidak tergantung dari daerah lain. Pemda setempat telah memprogramkan penanaman padi serentak di daerah lahan kosong yang subur untuk bercocok tanam.

Seperti yang diketahui, pertanian adalah bagian integral dari pembangunan ekonomi daerah secara utuh saat ini. Kebutuhan pemukiman industri, serta produk pangan nasional, dan permasalahan pangan di Indonesia mulai mendapat perhatian dari presiden Jokowi yang sangat besar. “Saat krisis ekonomi program swasembada beras yang sedang di bicarakan saat ini bukanlah hal yang mudah, segala sesuatu harus di kerjakan dengan sungguh-sunguh dengan tantangan utama dalam upaya peningkatan produksi beras ialah peningkatkan permintaan beras seiring meningkatnya jumlah penduduk di Kab. Nabire, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Pertaniam RI No 25 tahun 2008”, maka saat ini Kab. Nabire dihadapkan pada situasi alih fungsi lahan pertanian, khususnya sawah secara besar-besaran, bahkan rata-rata mencapai 100 hektar sawah setiap tahunnya, ungkap Bupati menutup kegiatan hari ini.

Baca juga:  LATIHAN SURVIVAL BAGI AWAK PESAWAT TEMPUR

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel