Berita

Danlanud Ngurah Rai Hadiri Peresmian Kapal SAR oleh Kabasarnas

Dibaca: 23 Oleh 18 Mar 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Bertempat di Terminal Domestik Darmaga Pelabuhan Benoa Bali, Rabu (18/3). Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Ngurah Rai Kolonel Pnb Sugiharto Prapto. W. S.Sos., Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro, Danrem 163 Wirasatya Kolonel Inf Heri Wiranto, Kepala Kantor Sar (Kakansar) Denpasar Bali Didi Hamzar, S.Sos, MM., beserta para pejabat pemda dan TNI/ Polri lainnya menghadiri undangan acara peresmian Kapal SAR KN Arjuna 229 oleh Kepala Badan SAR Nasional (KABASARNAS) Marsdya TNI F.H. Bambang Sulistyo. S.Sos. 

Sebelum acara peresmian Kapal SAR KN Arjuna 229, juga telah digelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan sosialisasi Undang-Undang No. 29 Tanun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan. Acara peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine, pengguntingan pita, pemecahan kendi yang dilanjutkan dengan penyiraman air ke badan kapal secara simbolis oleh Kepala Badan SAR Nasional Marsdya TNI F.H. Bambang Sulistyo. S.Sos..yang diikuti oleh para tamu undangan. 

Kapal KN Arjuna 229 ini merupakan program pengadan tahun anggaran 2014 yang nantinya akan didempatkan di Kantor SAR Denpasar. Rencananya selain kapal tersebut juga akan ada penempatan 4 unit kapal lainnya dibeberapa kantor SAR. Yaitu Medan, Padang, Menado dan Batam. KH Arjuna 229 merupakan produk buatan PT. Karimun Anugrah Sejati. KN Arjuna 229 memiliki panjang 40 meter, lebar 7,8 meter, tinggi geledak 3,6 meter dan tinggi sarat 1,8 meter. Dengan mesin penggerak 3x min 1400 HP (medium duty), berat 126 ton, serta kapasitas tangki bahan bakar min 25 ton, kapal SAR ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum min 30 Knot. 

Baca juga:  BAKTI SOSIAL PELAYANAN KB MANTAP MOW DI RUMKIT LANUD SURYADARMA

Penambahan kekuatan sarana laut ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan pelayanan jasa SAR, sehingga penanganan kecelakaan perairan yang terjadi dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efisien. Dimana Bali adalah tujuan wisata yang populer dan banyak diminati para turits domestik maupun manca negara. 

Dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, masyarakat pengguna transportasi laut, para nelayan, dan pengusaha transportasi laut di wilayah Bali, maka penempatan kapal baru menjadi hal yang tepat. Bahkan kepercayaan dunia internasional pun akan semakin meningkat seiring bertambahnya kemampuan dan peralatan SAR. 

Kapal SAR ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk berlatih bersama dengan potensi SAR. Khususnya untuk penanganan kecelakaan di laut. Meningkatkan kemampuan melalui pembinaan SDM, serta menjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis dengan seluruh instansi terkait sangat diperlukan, guna mendukung pelayanan jasa SAR yang optimal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel