Berita

Danlanud Ngurah Rai Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Dibaca: 2 Oleh 11 Nov 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos., bertindak selaku Irup pada upacara peringatan ke-70 Hari Pahlawan bertempat di Lapangan Mako Lanud Ngurah Rai, Bali. Selasa, (10/11). Upacara tersebut dihadiri para Kepala Dinas dan pejabat lanud lainnya, sedangkan peserta upacara terdiri dari para Perwira, Bintara dan Tamtama serta para Pegawai Negeri Sipil Lanud Ngurah Rai.

Adapun urutan upacara diawali dengan laporan perwira upacara kepada Irup, penghormatan kepada Irup dipimpin oleh Komandan Upacara, kemudian pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas dari Satpom diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara, mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila, kemudian pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Irup membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Pembacaan Do’a, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dilanjutkan dengan Penghormatan kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos., mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momenfum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

Baca juga:  Danwing III Paskhas Kunjungan Kerja Satuan Jajarannya Di Pontianak

Oleh karena itu lanjut Mensos, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman. Untuk itu penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, “juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya negara kesatuan Republik Indonesia” ungkap Mensos.

Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel