Berita

DANLANUD PADANG BERIKAN PEMBEKALAN BELA NEGARA TARUNA SPN KETAPING

Dibaca: 11 Oleh 29 Agu 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Komandan Lanud Padang Ltk Pnb HKD. Handaka, S.sos, M,M.memberikan pembekalan tentang Bela negara kepada Taruna SMK-SP Ketaping Padang Pariaman di lapangan apel Mako Lanud Padang Sumatera Barat, Rabu (28/8).

Pembekalan tersebut merupakan bagian dari meteri yang di berikan dalam kegiatan Latihan dasar kemiliteran tahun 2013. Menurut Komandan Lanud Padang menjelaskan setiap warga negara harus bertanggung jawab terhadap keutuhan NKRI.

Taruna SPN Ketaping termasuk komponenn cadangan dalam peran sebagai pertahanan negara. pembentukan komponen cadangan bela negara yang terdiri atas unsur masyarakat sebagai pembantu komponen pertahan inti, berkaitan erat dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, khususnya Pasal 30 ayat 1.”Dalam Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 sudah sangat jelas bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan keamanan negara,”jelasnya.

Selain itu melalui empat pilar bangsa yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan landasan yang kokoh bagi bangsa Indonesia.Dalam pendidikan karakter, masyarakat Indonesia tak hanya harus cerdas dalam konteks intelektual, namun juga memiliki kecerdasan spiritual, emosional, dan sosial, serta kinetis yang harus dikembangkan secara berimbang.

Pendidikan karakter harus terus diperkuat karena pendidikan memiliki makna yang strategis dalam upaya pertahanan negara sebagai modal sosial mengatasi ancaman disintegrasi bangsa dalam korelasi global, ujarnya.

Selama mengikuti pembekalan oleh Danlanud Padang para Taruna nampak sangat antusias sekali hal itu tercermin dalam kesempatan tanya jawab. Tak jarang para Taruna melontarkan pertanyaan kritis tentang situasi dan sikap sebagian masyarakat yang tergerus oleh perkembangan global. Dengan rajin belajar dan giat berlatih para Taruna yakin banyak pemuda yang menginginkan Indonesia menjadi negara yang lebih kuat .

Baca juga:  Danlanud Husein Terima Kedatangan Ketua IKKT

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel