Berita

Danlanud Padang Bersama Walikota Padang Tanam 16 Ribu Pohon

Dibaca: 6 Oleh 19 Nov 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan oleh semua orang secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan, begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seturuh Indonesia. Terkait denga hal tersebut Danlanud Padang Ltk Pnb Mohammad Apon, S.T, MPA bersama Walikota Padang H. Mahyeldi , SP melakukan gerakan penaman pohon penghijauan dengan konsep hutan Kota menanam sebanyak 16.000 pohon di area lahan tidur Lanud Padang Sumatera-Barat (Sumbar), Selasa (18/11). Menurut Danlanud Padang menjelaskan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan hari ini dimaksudkan selain untuk mengatasi pemanasan global (Global Worning) juga untuk membangun kawasan Lanud yang rindang dan ramah lingkungan. Dengan konsep penghijauan hutan kota dimaksudkan berfungsi antara lain untuk memberikan hasil, pencagaran flora dan fauna, pengendalian air tanah dan erosi, ameliorasi iklim bahkan diharapkan banyak burung-burung berkicau yang singgah disini. Selain itu jika hutan tersebut berada di dalam kota fungsi dan manfaat hutan antara lain menciptakan ikIim mikro, engineering, arsitektural, estetika, modifikasi suhu, peresapan air hujan, perlindungan angin dan udara, pengendalian polusi udara, pengelolaan limbah dan memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengikat tanah. Kita akan terus lakukan penanaman pohon ini dengan komitmen yang tegas, sehingga Lanud Padang dapat menjadi kasawasan berkembangnya burung-burung (aves) berkicau dari berbagai jenis dan dapat berpindah dari satu pohon ke pohon lainya dengan bebas jelasnya.

Baca juga:  Puskopau Lanud Adi Soemarmo dan PT. Jasa Raharja Gelar Baksos

Sementara itu Walikota H. Mahyeldi,  SP menambahkan, gerakan penghijaun  yang di pelopori oleh Lanud Padang pada hari ini hendaknya dapat di jadikan motivasi untuk membangun kesadaran pentingnya menjaga lingkungan yang hijau. Dengan menanam pohon bukan saja menjadi tujuan akhir akan tetapi ada lebih penting yakni menjaga secara terus menerus agar senantiasa menjaga keutuhan dan kelestarian hutannya berfungsi sebagai paru-paru dunia ujarnya. Selain itu untuk menjaga Kota Padang agar terhindar dari ancaman bencana alam seperi tanah longsor, banjir bandang dan perusakan sedimen sungai Pemerintah kota Padang akan membangun beberapa tanggul maupun dam yang mampu menahan deras arus jika musim hujan. Tak hanya itu dengan mempertimbangkan hasil kajian yang koperhensip kita merencanakan untuk membangun dan merubah arah sungai dari utara menuju selatan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memanfaatkan jika terjadi hujan air tidak langsung mengalir menuju lautan tetapi masih dapat meresap ke dalam tanah. Dapat di banyangkan jika sewaktu-waktu air laut bisa meresap ke daratan betapa pentingnya air tawar bagi kehidupan masyarakat Kota Padang truturnya.

Baca juga:  1 SSK YON 465 PASKHAS GANTIKAN YON 462 PASKHAS PAM ASET DI LANUD PALEMBANG

Lahan seluas 10 hektar yang dimiliki Lanud Padang yang dijadikan hutan kota di bangun membentang sepanjang hampir 4 kilo meter. Jika sudah tumbuh dengan rindang dipastikan dapat menjadi pemandangan yang sangat asri bagi pengguna jalan yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukit Tinggi. Berbagai jenis pohon yang ditanam meliputi berbuah dan berbatang seperti, lengkeng, jambu mente, pohon cemara, Mahono, Trembesi, jamblang, pohon munggur dll. Penghijauan memiliki arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan Taman-taman kota, taman-taman Iingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Dalam hal mi penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan. Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H1206 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Hadir dalam gerakan penghijauan ini, Pejabat TNI-Polri Kota Padang, Pejabat SKPD Kota Padang, Polhutan, masyrakat dan sejumlah undangan lainya.

Baca juga:  Pokja Pokok-Pokok Binkur di Lanud Sulaiman

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel