Berita

DANLANUD PADANG HADIRI KONFERENSI INSARAG KAWASAN ASIA FASIFIK

Dibaca: 0 Oleh 31 Mei 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Padang Letkol Pnb Fairlyanto, ST menghadiri konferansi INSARAG (Internasional Search and Rescue Advisory Group) Kawasan Asia-Pasifik Regional Earthquake Response Exercise tahun 2012 bertempat di Hotel Pangeran Beach Padang Sumatera-Barat, rabu (30/5).

Kegitan tersebut diikuti sebanyak 120 peserta perwakilan dari 12 negara sssberlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 29 Mei berakhir tanggal 1 Juni 2012. Insarag adalah sebuah organisasi SAR Internasional khusus menangani pencarian dan pertolongan perkotaan (Urban Search and Rescue Assistance). Melalui pertemuan seperti ini Basarnas (Badan SAR Nasional) di harapkan mampu menujukan eksistensi dan kepetensinya dalan hal USAR dan mengimplementasikan prosedur operasi SAR seperti tertuang dalam INSARAG Guidelines.

Menurut Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Daryatmo, SIP mengatkan pentingya kerjasama lintas sektoral baik didalam negeri maupun dengan organisasi luar negeri.”Saya berharap melalui kegitan ini dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi baik dalam lingkup Nasional, Regional maupun Internasional. Disamping itu melalui kegiatan ini bisa dijadikan wahana untuk saling tukar fikiran berbagai wacana yang dapat memberikan kontribusi positip dan konstruktip dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dalam penyelenggaraan USAR di Indonesia jelasnya.

Baca juga:  Silaturahim Merupakan Salah Satu Manfaat Kunjungan Kerja

Basarnas sebagai focal point serta didukung Instansi lainya seperti TNI, Polri, Kementerian luar negeri, BNPB, Ditjen Bea Cukai, Ditjen Imigrasi Kementerian Keuangan, PMI, dan Kementerian Hukum dan HAM dapat memenuhi kualifikasi IEC (Insarag External Classification) disejajarkan dengan tim USAR dari negara-negara lain.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel