Berita

DANLANUD PADANG HADIRI PEMBUKAAN “(TTX) MENTAWAI MEGATRUST DIREX 2013”

Dibaca: 2 Oleh 29 Apr 2013Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Komandan Lanud Padang menghadiri acara pembukaan Gladi ruang (table top exercise – TTX) Mentawai Megatrust Direx 2013” bertempat di Hotel Pangeran Beach Padang Sumatera Barat, Senin (22/4). Menurut Danlanud Letkol Pnb Fairlyanto, ST menjelaskan kegiatan (TTX) Mentawai Megatrust Direx 2013 merupakan salah satu metode latihan untuk peningkatan kapasitas penanggulangan bencana (PB). Dalam TTX dilakukan dengan skenario tertentu dan diarahkan dengan ketat oleh fasilitator dengan batasan waktu sesuai dengan skenario tersebut. Para peserta yang terlibat dalam TTX berperan sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing atau peran tertentu yang disepakati bersama. Di dalam TTX ini terdapat pula fungsi narasumber yang memberikan penjelasan materi-materi terkait topik TTX serta pengamat yang mengevaluasi dan memberikan masukan-masukan terkait pelaksanaan TTX tersebut.

Lebih lanjut danlanud Padang menambahkan bahwa Pelatihan ini dilaksanakan oleh Pusat Diklat PB BNPB yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat dengan mengambil konsep Ancaman Megathrust Mentawai 2013 – 2014. Tujuan pelaksanaan TTX ini adalah untuk menguji dan menyempurnakan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami, dan untuk meningkatkan koordinasi regional, local, dan koordinasi-kerjasama sipil-militer. Latihan tersebut juga dimaksudkan untuk menguji Prosedur-prosedur dalam penanggulangan bencana, seperti : Sistem Peringatan Dini, Sistem Komando Tanggap Darurat,Hubungan antar pemangku kepentingan yang terkait (masyarakat, pemerintah dan lembaga usaha) dalam penanggulangan kedaruratan bencana di semua tingkatan, Penerimaan bantuan asing baik sipil maupun militer asing pada saat tanggap darurat, Penerimaan bantuan regional dan internasional.Untuk Peserta Gladi ini berasal dari seluruh BPBD Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat, seluruh SKPD Provinsi Sumatera Barat dan juga ikut bxcerperan serta dari lembaga-lembaga Internasional dan Asean serta rekan-rekan wartawan jelasnya.

Baca juga:  PANGKOOPSAU II MENGHADIRI PERAYAAN NATAL TNI AU SE-MAKASSAR

TTX, Mentawai Megatrust Direx 2013 secara resmi di buka oleh Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif dan berlangsung selama 3 hari serta berakhir pada tanggal (24/4). Hadir dalam acara tersebut Pejebat beberapa Kementerian, Mabes TNI, Kepolisian Gubernur Sum ber bdan Berbagai Lembaga Kemanusiaan lainya. Sembilan Negara yang tergabung dalam gladi ini seperti, Indonesia, Malaysia, Australia, Malaysia, Filiphina, Brunai. Singapura, Jepang, Vietnam menurut rencana bulan Mei akan melakukan exercise di medan sebenarnya di Kepulauan Mentawai.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel