Berita

Danlanud Padang Pimpin Rapat Rencana Kedatangan JAT

Dibaca: 16 Oleh 13 Jan 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Danlanud Padang ltk Pnb Mohammad Apon ST, MPA memimpin rapat persiapan perhalatan besar rencana kedatangan JAT (Jupiter Aerobatic Team) di ruang rapat Mako Lanud Padang Sumater-Barat (Sumbar), Selasa (13/1). Jupiter Aerobatic Team adalah merupakan milik TNI Angkatan Udara, aerobatic tim display ini terbang dengan enam KT-1B pesawat Wongbee yang dicat berwarna merah dan putih. Para personil Tim ini diambil dari para Pilot pesawat tempur dari Skadik (Skadron Pendidikan / Pelatihan Squadron) 102, Lanud Adi Adisucipto, Yogyakarta. Pesawat Tim Jupiter dilengkapi dengan generator asap putih. Para pilot dari “Jupiter Aerobatic Team (JAT)” semua instruktur. Tim ini diberi nama “JUPITER” setelah panggilan-tanda dari Angkatan Udara Indonesia instruktur.

Menurut Danlanud Padang menjelaskan, JAT direncanakan akan melakukan aksi aerobatik di Ranah Minangkabau pada akhir bulam maret mendatang. Berbagai persiapan telah kita lakukan mulai sekarang hingga pada pelaksanaanya nati dapat berjalan aman, lancar dan sukses tanpa ada resiko sekecil apaun. Diharapkan kepada masyarakat Sumbar dapat mengenal lebih dekat TNI Angkatan Udara melalui event-event seperti ini. Selain itu kepada seluruh perwira dan segenap anggota Lanud Padang dapat memberikan yang terbaik melaui penggalian potensi, ide kreatif maupun menyemarakan perhelatan akbar ini jelasnya.

Baca juga:  Kolonel Pnb Deni Hasoloan Resmi Jabat Komandan Wingdikterbang Baru

Perjalanan sejarah JAT ini diawali pada tahun 1996, baru Angkatan Udara Indonesia tim aerobatic dibentuk dan dilengkapi dengan delapan BAE Elang Mk. 53 pesawat dari Skadik 103. Tim ini diberi nama “Jupiter” dan mereka tampil untuk pertama kalinya pada 23 September 1997. Pada tahun 2001, tim menjadi “Jupiter Biru” setelah penggabungan dengan “Elang Biru” Tim, yang dibubarkan karena untuk krisis keuangan di akhir 1990-an . The “Jupiter Aerobatic Team” (JAT) itu kembali dibentuk pada tahun 2008, dengan menggunakan 4 Korean Aerospace Industries KT-1B Wongbee pelatih . Acara publik pertama tim baru ini adalah pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan pertunjukan kedua mereka di Jakarta pada bulan November 2008.

Setelah itu pada tahun 2010, setelah dua tahun stagnasi, JAT memulai program pelatihan dengan bantuan dari Australian Roulettes tim layar. Pada bulan September 2010, dua pilot JAT dikirim ke Australia untuk mengamati dan praktek terbang manuver bersama-sama dengan Roulettes di markas mereka di rumah di Sale Timur, Victoria, Australia. Pada Nov 8, 2010, Roulettes kemudian dilakukan di pangkalan udara Halim, Jakarta di mana enam anggota JAT masing-masing memiliki kesempatan untuk terbang di kursi belakang “Roulettes” PC-9s selama latihan mereka.

Baca juga:  Lanud Ats Gelar Latihan Pangkalan (Hanlan)

Kemudian pada tahun 2011, JAT meningkat menjadi enam pesawat dalam formasi dan juga menerima warna merah-putih livery baru yang mirip dengan warna bendera Indonesia. Demonstrasi pertama dengan komposisi ini enam kapal baru itu pada tanggal 16 Maret 2011 di Yogyakarta pada peluncuran baru livery upacara oleh Angkatan Udara Indonesia. Airshow kedua mereka pada tanggal 9 April di Jakarta pada HUT ke-65 TNI AU dan ketiga mereka pada tanggal 17 April 2011 kembali di Yogyakarta. Selain itu JAT juga pernah tampil di Silang Monas Jakarta dan memeriahkan HUT TNI ke-69 di Surabaya.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel