Berita

Danlanud Padang Pimpin Upacara Hari Bakti

Dibaca: 23 Oleh 30 Jul 2015Tidak ada komentar
Danlanud Padang Pimpin Upacara Hari Bakti
#TNIAU 

Komandan Lanud Letkol Pnb Mohammad Apon ST, MPA memimpin upacara peringatan ke-68 Hari Bakti TNI Angkaan Udara di Mako Lanud Padang Sumatera-Barat, Rabu (29/7). Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengenang keteladanan, pengabdian dan pengorbanan para pejuang Angkatan Udara dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danlanud Padang saat membacakan amanat Kasau mengatakan, Hari Bakti Angkatan Udara yang di peringati setiap tahun ini, berawal dari adanya dua peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947 silam. Ada beberapa hal yang menarik dan penting yakni, munculnya heroisme para kadet Penerbang Angkatan Udara yaitu kadet penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, dengan melakukan serangan udara pada pagi hari ke kubu pertahanan Belada di Semarang, Ambarawa dan Salatiga tuturnya.

Selain itu peristiwa gugurnya beberapa perintis dan pendahulu TNI Angkatan Udara yaitu Komodor udara Agustinus Adi Sucipto, Komodor Udara Prof, Dr Abdul Rahman Saleh dan Opsir udara I Adi Sumarmo. Para pejuang bangsa ini gugur sedang melaksanakan misi kemanusiaan membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya untuk rakyat Indonesia. Namun pesawat Dakota VT-VLA yrang membawa bantuan tersebut jatuh di tembak pesawat tempur Kityy Hawk milik Belanda di desa Ngoto Yogyakarta.

Baca juga:  Wagub AAU Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Diharapkan semangat perpejuang dan tanpa pamrih yang diwariskan para pendahulu dalam peristiwa bersejarah ini jelasnya. Hadir dalam upacara ini para Kadis, perwira iBintara, Tamtama dan Pns Lanud Padang, Selain itu juga turut hadir sejumah undangan lainya seperti Anggota Pia dan Purnawirawan maupun Wara kawuri. Bahkan istri Kapten pnb (alm) Adriadi dan istri Kapten Nav Riri (alm) juga nampak hadir. Usei upacara dilanjutkan dengan acara ramah tamah di selingi humor ringan sebagai tanda untuk meningkatkan ikatan tali silahturahmi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel