Berita

Danlanud : Pembentukan Karakter Dapat Diwujudkan Dengan Akhlaq, Moral dan Etika

Dibaca: 13 Oleh 19 Jul 2016Tidak ada komentar
Danlanud : Pembentukan Karakter Dapat Diwujudkan Dengan Akhlaq, Moral dan Etika
#TNIAU 

Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Dedy Susanto mewakili Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Bauidirus, SE. secara resmi membuka acara Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) siswa Sekolah SMP Angkasa, SMA Angkasa dan SMK Penerbangan Tahun pelajaran 2016/ 2017 di Lapangan SMK Penerbangan, Senin (18/7).

Pembukaan MOPDB bagi sekolah di bawah Yayasan Ardhya Garini(Yasarini) ini diawali dengan Apel Bersama yang dilaksanakan di Lapangan SMK Penerbangan Adisutjipto Yogyakarta dan diikuti sebanyak 761 peserta didik baru yang terdiri dari 126 siswa SMP, 122 siswa SMA dan siswa SMK sejumlah 513 siswa.

Komandan Lanud dalam sambutan terulisnya yang dibacakan Kadispers Lanud Adisutjipto menyampaikan Lembaga pendidikan dibawah naungan Yasarini memiliki kebijakan yang berbeda bila dibandingkan dari sekolah lainnya terutama terkait dengan penguatan pendidikan karakter, kedisiplinan, kebersihan lingkungan, kerapian, sopan santun dan menjunjung tinggi budi pekerti, selain pendidikan akademis sebagai pilar utamanya.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan pembentukan karakter siswa didik hanya dapat diwujudkan jika didukung oleh pengetahuan tentang akhlaq, moral dan etika. Ketiga hal diatas harus diimplementasikan dalam setiap proses pendidikan dan pengajaran serta bersinergi antara pihak sekolah, Yayasan, Orang tua dan Siswa itu sendiri

Baca juga:  Angkasa Yudha 2018, Gunakan Sistem Baru, AYU'18 Dapat Apresiasi Kasau

Sementara Kepala Sekolah SMK Penerbangan Letkol Tek Taufik Yulianto Aminjoyo menjelaskan sesuai dengan Permendikbud No 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah , maka mulai tahun pelajaran 2016/2017 Masa Orientasi Siswa Baru berubah namanya menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dimana kegaiatan dilaksanakan maksimal selama 3 hari dan penyelenggara adalah guru, dan hanya dilaksanakan pada hari dan jam sekolah serta tidak boleh melibatkan alumni dan senior. Kegiatan Orientasi atau pengenalan lingkungan sekolah hanya akan diisi dengan kegiatan positif yang menambah wawasan para siswa.

Setelah melaksanakan Apel Siswa Baru, rangkaian kegiatan MOPDB akan dilanjutkan dengan mengunjungi Skadron Teknik 043, Shelter KT-1 Skadik 102 serta mengunjungi Museum TNI AU Dirgantara Mandala untuk mendapat informasi dan wawasan mengenai Lanud Adisutjipto dan tiap-tiap lokasi yang dikunjungi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel