Berita

Danlanud Pimpin Upacara Peringatan Ke- 73 Di Lanud Yohanis Kapiyau Timika

Oleh 09 Apr 2019 Tidak ada komentar
Danlanud Pimpin Upacara Peringatan Ke- 73 Di Lanud Yohanis Kapiyau Timika
#TNIAU 

TIMIKA, YOHANIS KAPIYAU.   Prajurit Pangkalan TNI AU (Lanud) Yohanis Kapiyau, pada Selasa (9/4) menggelar upacara peringatan HUT TNI AU ke 73. Kegiatan yang dipusatkan di Mako Lanud Yohanis Kapiyau, dipimpin langsung Danlanud, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto,S.Sos.

Dalam amanat Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM yang dibacakan Danlanud Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos mengatakan, konsep kegiatan peringatan tahun ini adalah “Pesta Rakyat”, sebagai manifestasi kemanunggalan TNI AU dengan rakyat. TNI Angkatan Udara lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan hasil-hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.  Bagi para prajurit TNI AU, momen ini adalah saat yang tepat untuk menggali keteladanan pengabdian, semangat pantang menyerah, dedikasi para pelopor dan senior yang telah meletakkan pondasi perjuangan TNI AU dalam membela NKRI.

Presiden Soekarno, pada peringatan ke 9 Hari AURI tahun 1955, menyatakan kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.   Pernyataan Presiden Soekarno tersebut menegaskan bahwa TNI AU memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan negara. Untuk itu, peran penting TNI AU harus kita implementasikan dalam tugas dan pengabdian kita sehari-hari.

Berbagai kemajuan sampai saat ini, serta proyeksi prioritas pembangunan TNI Angkatan Udara pada masa mendatang. Selama tahun 2018 dan triwulan pertama 2019, karena tidak ada peristiwa accident terjadi. Saya harap kita dapat terus mengembangkan safety culture dan mempertahankan kondisi zero accident harapnya.   Selain itu, TNI AU juga telah melaksanakan operasi bantuan sosial dalam rangka membantu korban bencana alam di Lombok dan Palu. Pesawat-pesawat angkut dan helikopter TNI AU total telah mengangkut 26.801 orang dan 2.860 ton logistik pada kedua operasi bantuan sosial tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) menekankan terkait pemilihan umum akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang, diharapkan seluruh personel dapat menjaga soliditas dan sinergitas baik di internal TNI Angkatan Udara, antar angkatan serta antar lembaga pemerintah termasuk dengan Polri. Seluruh personel TNI Angkatan Udara harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu tahun 2019, tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperi laku di lingkungan masyarakat jangan mudah terprovokasi dan jangan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik TNI Angkatan Udara.

Keberhasilan yang telah dicapai pada 2018 merupakan prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh segenap prajurit TNI AU pada tahun 2019. Rangkaian kegiatan upacara ditutup dengan penampilan tarian kolosal perdamaian dibawakan oleh siswa-siswi SMP YPPK Timika kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Danlanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto,S.Sos dan diserahkan kepada prajurit termuda dan dilanjutkan acara ramah- tamah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel