Berita

Danlanud Rai: Reforestasi Mangrove Pulau Serangan

Dibaca: 10 Oleh 27 Jul 2015Tidak ada komentar
Danlanud Rai: Reforestasi Mangrove Pulau Serangan
#TNIAU 

Taman hutan raya Ngurah Rai yang terletak di Pulau Serangan, Kuta – Tuban, merupakan suatu destinasi yang cukup menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali, selain pemandangan indah alam pantai kita juga bisa menikmati panorama hijau hutan mangrove. Namun kondisi sekarang ini cukup mengkhawatirkan sehubungan dengan perkembangan pariwisata di Bali dan juga dikarenakan berbagai macam ancaman lingkungan. Oleh karenanya, dalam rangka Hari Bhakti TNI AU yang ke 68 tahun 2015, Komandan Lanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, beserta seluruh personil Lanud Ngurah Rai melaksanakan bakti sosial penanaman kembali pohon mangrove yang bekerja sama dengan Forum Peduli Mangrove Bali, sebagai bentuk usaha dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup pesisir pantai.

Kegiatan penanaman dimulai dengan penyerahan bibit pohon mangrove dari Ibu Ni Wayan Daningsih selaku Kepala Sekretariat Forum Peduli Mangrove Bali, kepada Danlanud Ngurah Rai, kemudian pelaksanakan penanaman pohon mangrove oleh seluruh personil Lanud Ngurah Rai bersama dengan PIA AG cab 5/D II serta anggota Forum Peduli Mangrove Bali. Kegiatan penanaman mangrove merupakan salah satu upaya menjaga lingkungan pesisir pantai agar terhindar dari abrasi. Abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai, walaupun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, namun manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi.

Baca juga:  Cegah Covid-19, Anggota Kohanudnas Cek Suhu Tubuh

Komandan Lanud Ngurah Rai sangat mendukung terhadap kegiatan ini, karena selain dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekeliling dalam menjaga kelestarian hutan mangrove, juga meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Beliau berharap agar kegiatan ini mampu mewujudkan lingkungan yang bersih serta dapat menjaga kelestarian laut dan pantai sehingga terhindar dari ancaman abrasi laut sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir untuk menjaga lingkungan laut dan pantai agar tetap hijau dan asri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel