Berita

Danlanud Ranai : Idul Adha Diharapkan Mampu Mewujudkan Suatu Kepekaan Sosial

Dibaca: 12 Oleh 13 Sep 2016Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

“Makna hikmah dari ibadah Idul Adha diharapkan dapat meningkatkan semangat juang dan pengorbanan, terutama dalam aktivitas kita bekerja, bermasyarakat maupun saat melakukan aktivitas sosial lainnya. Dan menyembelih hewan hanyalah sekedar lambang dari suatu pengorbanan”, kata Danlanud Ranai Kolonel Pnb Nurtantio Affan, SE.,MH saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha 1437 H/2016 M di hanggar timur Lanud Ranai, Senin (12/9).

Lebih Lanjut Danlanud mengatakan bahwa Idul Adha diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Dari dimensi sosial diharapkan mampu mewujudkan suatu kepekaan sosial. Dalam pelaksanaannya dapat menetralisir hubungan primodial konflik sosial, menumbuhkembangkan kepekaan terhadap lingkungan serta peduli akan penderitaan orang lain, kata Danlanud menerangkan dihadapan ratusan jamaah sholat Idul Adha.

Selain diikuti warga Lanud, sholat Idul Adha juga diikuti oleh masyarakat kampung Penagi dan masyarakat sekitar Lanud lainnya. Bertindak sebagai imam dan khotib, H. Tirtayasa, S.Ag.,MA imam besar Mesjid Agung Kabupaten Natuna. H. Tirtayasa menyampaikan khutbah dengan judul keteladanan moral keluarga Nabi Ibrohim AS. “Ada empat keteladanan moral yang bisa kita petik dari keteladanan keluarga Nabi Ibrohim AS, yang pertama berbaik sangka kepada Allah SWT, kedua pentingnya mencari rizki yang halal dan yang ketiga pentingnya berkorban untuk Allah serta yang keempat adalah pentingnya pendidikan bagi keluarga, Nabi Ismail tidak akan jadi penyabar kalau tidak ada pendidikan dari ibunya”, kata H. Tirtayasa menjelaskan.

Baca juga:  Pangkohanudnas Menjadi Narasumber dalam Seminar Nasional di Seskoau

Usai sholat Idul Adha dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman mesjid Mina. Perayaan Idul Adha tahun ini, Lanud Ranai menyembelih hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi. Daging hewan qurban tersebut didistribusikan kepada yang berhak menerimanya di wilayah Lanud Ranai, Penagi, Pering dan desa Batu Gajah.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel