Berita

Danlanud Rembiga Dilantik Sebagai Ketua Pengda Hapkido Indonesia

Dibaca: 12 Oleh 19 Apr 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Bertempat di GOR Hercules Mako Lanud Rembiga, Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, ST, MM, MMA dilantik sebagi Ketua Pengurus Daerah Nusa Tenggara Barat Hapkido Indonesia oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Hapkido Indonesia Gusti Bendoro Pangeran Haryo H. Prabukusumo, S.Psi. Sabtu (18/04)

Hapkido Indonesia ini merupakan seni bela diri untuk pertahanan diri (self defence martial art) dimana di Indonesia sendiri baru terbentuk tahun 2014 lalu di Yogyakarta. Hapkido ini sendiri merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea. Ini adalah bentuk pertahanan diri yang bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan (punches), tendangan (kicks), lemparan (throwing), dan serangan sabetan dan tusukan (striking), kuncian, bantingan, serta ada juga penggunaan senjata tradisional.

Hapkido berisi baik teknik pertempuran panjang dan jarak dekat, memanfaatkan tendangan sambil meloncat dan serangan tangan pada jarak pertarungan yang lebih panjang atau pada pertarungan jarak dekat mempergunakan kuncian serta serangan pada titik jalan darah atau lemparan. Hapkido menekankan gerakan melingkar, pengalihan kekuatan dan kontrol dari lawan dan menghindari penggunaan kekuatan dihadapi dengan kekuatan.

Baca juga:  PIA Bakorda DIY Serahkan Tali Asih

Danlanud Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, ST, MM, MMA mengharapkan dengan dibentuknya pengurus daerah Hapkido Indonesia di NTB ini dapat memotivasi generasi muda Nusa Tenggara Barat untuk semakin berprestasi di bidang olahraga selain itu ini juga sebagai ajang promosi untuk mengajak para generasi muda NTB untuk bergabung dalam Hapkido guna mengangkat Hapkido Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

Sebagai Organisasi perang dan guna meningkatkan profesionalisme prajurit dimana seorang prajurit haruslah memiliki self defence, maka Lanud Rembiga melatihkan seni beladiri Hapkido ini pada personelnya guna meningkatkan ketahanan mental serta membekali tiap-tiap personelnya. Dan Lanud Rembiga ini merupakan yang pertama di TNI menerapkan Hapkido sebagai bekal ilmu bela dirinya untuk itu, ini merupakan suatu bentuk kepercayaan dan tanggung jawab yang besar guna meningkatkan dan membesarkan Hapkido Indonesia untuk dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel