Berita

Danlanud Rembiga Hadiri Perayaan Tradisi Lebaran Topat

Dibaca: 0 Oleh 27 Jul 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI AU Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, ST, MM, MMA menghadiri acara perayaan Lebaran Topat (Ketupat) di Pantai Duduk Senggigi Lombok Barat. Jumat ( 24/7).

Lebaran Topat (Ketupat) adalah salah satu tradisi masyarakat Lombok, khususnya Mataram dan Lombok Barat. Lebaran Topat dilaksanakan pada hari ke-8 dibulan Syawal, dimaksudkan untuk merayakan kemenangan setelah 6 hari berpuasa sunnah dibulan Syawal tersebut.

Perayaan Lebaran Topat ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Lombok dimana Sebagian besar masyarakat pergi ke berbagai tempat rekreasi untuk merayakan hari kemenangan ini, sebelum keluar rekreasi, biasanya dilaksanakan suatu acara di masjid, yang biasanya diadakan acara cukuran (cukur rambut bagi bayi yang baru dilahirkan / balita). Setelah acara ini selesai barulah masyarakat keluar untuk rekreasi bersama keluarga dan pada umumnya makanan yang dibawa adalah berupa ketupat beserta lauk pauknya.

Pada lebaran ketupat ini hampir di semua tempat dipenuhi oleh masyarakat, khususnya acaranya ini sebagian besar terpusat di Kota Mataram, disepanjang pantai dan tempat-tempat makam para ulama yang terkemuka. Sebagian lagi ditempat rekreasi yang sudah ada dan pada umumnya tempat rekreasi yang sudah ada yang berada di Kabupaten Lombok Barat, namun lumpahan keramaian sebagian besar di Kota Mataram, dipinggiran atau lokasi pantai.

Baca juga:  Acara Silaturahmi Danlanud Abdulrachman Saleh Bersama Staf dan Anggota

Turut hadir dalam pelaksanaan Lebaran Topat kali ini Kapolda NTB Brigjen Pol Umar S, Danrem 162 WB Kolonel Inf Lalu Rudy Ilham Srigede dan jajaran FKPD NTB.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel