Berita

DANLANUD REMBIGA HADIRI UPACARA HARI BELA NEGARA

Dibaca: 20 Oleh 19 Des 2017Tidak ada komentar
DANLANUD REMBIGA HADIRI UPACARA HARI BELA NEGARA
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU Rembiga Kolonel Pnb Dodi Fernando, SE, MSoc.Sc beserta satu SST personel Lanud Rembiga mengikti upacara Hari Gerakan Bela Negara di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernuran Nusa Tenggara Barat. (19/12)

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara di NTB Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin yang membacakan sambutan Presiden RI Ir. Joko Widodo, dimana dalam sambutannya Presiden RI mengingatkan bahwa membela Negara saat ini tidak lagi dilakuan dengan mengandalkan senjata, namun dilakukan dengan sumbangsih ide dan karya nyata untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini.

Lebih lanjut Presiden RI mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa karena sejarah mencatat Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat.

Peringatan gerakan Hari Bela Negara setiap tanggal 19 Desember ini merujuk pada deklarasi pendirian Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Sjafruddin Prawiranegara, yang saat itu menjabat Menteri Kemakmuran RI, ketika melihat kondisi Negara tanpa pemimpin karena saat itu Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditawan Belanda akhirnya  Sjafruddin bersama Gubernur Sumatera Barat Teuku Muhammad Hasan, dan seorang tentara berpangkat Kolonel, bernama Hidayat, mengambil inisiatif untuk membentuk pemerintahan darurat.dimana inisiatif itu sejatinya sejalan dengan perintah Presiden Sukarno dan akhirnya dengan terbentuknya PDRI ini membantah klaim Belanda yang menyebut bahwa RI sudah tidak ada lagi ketika para pemimpinnya ditangkap, kurang lebih selama delapan bulan (Desember 1948-Juli 1949), PDRI berhasil meneruskan kepemimpinan Republik dengan menjalankan roda pemerintahan secara bergerilya dan akhirnya mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Belanda untuk kembali ke meja perundingan.

Baca juga:  Danlanud Tutup Pendidikan Sejursarta Monavi A-10 dan Monrad A-13

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel